Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggunaan Quizizz untuk Membuat Kuis Interaktif dalam Pembelajaran

A. Quizizz

Quizizz merupakan alat belajar mandiri yang dapat digunakan dalam membantu setiap siswa menikmati proses belajar mereka melalui Quiz. Guru memasukkan Quizizz ke dalam instruksi, ulasan, dan penilaian untuk mendukung siswa dari TK hingga Perguruan Tinggi. Quizizz dapat dimanfaat guru sebagai alternatif pembelajaran yang menyenangkan. Penggunaan model pembelajaran, metode, dan strategi pembelajaran yang tepat dan secara optimal didukung oleh media interaktif telah dikembangkan untuk membangkitkan minat, aktivitas pembelajaran, motivasi, dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. 

Quizizz adalah web-tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Bila pembuatan kuis sudah jadi, kita dapat membagikan kode ke siswa agar siswa dapat login ke kuis tersebut. 

Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang kinerja siswa. Guru dapat mengetahui berapa siswa yang menjawab pertanyaan yang telah dibuat, pertanyaan yang harus dijawab dan banyak lagi. Bahkan guru dapat mendownload statistik dalam bentuk Ms. Excel. Quizizz juga memberikan fitur “pekerjaan rumah”, sehingga pekerjaan rumah siswa dapat dikerjakan kapan saja dan dari mana saja. Dengan fitur tersebut siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah menjadi lebih fleksibel dan guru dapat membatasi waktu pekerjaan rumah tersebut. 


B. Fitur Quizizz

  1. Quizizz memungkinkan guru dapat melaksanakan penilaian yang disesuaikan dengan kecepatan siswa (self-paced) dengan cara yang menyenangkan dan menarik bagi siswa di berbagai tingkatan pendidikan. Fitur menarik dari Quizizz adalah:
  2. Kecepatan siswa:  Pertanyaan muncul di layar masing-masing siswa, sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan dengan langkah dan kecepatan mereka sendiri, dan meninjau jawaban mereka di akhir.
  3. BYOD (Bring Your Own Device): Artinya tiap siswa dapat menggunakan perangkatnya sendiri. Quizizz dapat dimainkan oleh siswa menggunakan segala jenis perangkat dengan browser, termasuk PC, laptop, tablet, dan smartphone. Pelajari lebih lanjut.
  4. Jutaan kuis publik: Guru-guru hebat di seluruh dunia telah membuat jutaan pertanyaan hebat tentang Quizizz setiap hari! Upaya komunitas ini menghasilkan konten hebat yang dapat digunakan semua orang.
  5. Editor Kuis: Editor Quizizz adalah editor kuis yang paling hebat di dunia
  6. Quiziz memudahkan guru dalam membuat kuis: Guru bisa mengumpulkan pertanyaan dari kuis apa pun dengan mudah dan menambahkan gambar dari internet secara otomatis.
  7. Laporan: Quizizz memberi guru laporan siswa di kelas yang terperinci untuk setiap kuis yang Anda lakukan. Guru juga dapat mengunduh laporan sebagai kumpulan data dalam bentuk Excel.
  8. Kustomisasi Kuis:  Guru memiliki beberapa pilihan untuk menyesuaikan kuis mereka dengan mengubah tingkat kesulitan, batas kecepatan, dan  omput lainnya.


Kelebihan Quizizz

  1. Setiap siswa menjawab pertanyaan dengan benar maka akan muncul beberapa poin yang didapatkan dalam satu soal dan juga mendapat ranking berapa dalam menjawab soal tersebut.
  2. Jika siswa menjawab salah pertanyaan tersebut, maka akan muncul jawaban yang benar.
  3. Jika selesai mengerjakan kuis, pada akhir kuis  lomputer tampilan Review Question untuk melihat kembali jawaban yang kita pilih.
  4. Dalam pengerjaan kuis, setiap siswa mendapat daftar pertanyaan yang berbeda dengan siswa lainnya karena kuis tersebut dibuat dalam bentuk Homework/PR sehingga daftar soalnya diacak dan setiap siswa, soal yang muncul berbedabeda.


Post a Comment for "Penggunaan Quizizz untuk Membuat Kuis Interaktif dalam Pembelajaran"