Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggunaan Microsoft Form untuk Evaluasi Pembelajaran

A. Microsoft Form

Microsoft Forms merupakan bagian dari Office 365 yang memungkinkan guru dan siswa untuk membuat formulir, kuis, survei, kuesioner, dan pendaftaran dengan cepat dan mudah. Pengguna dapat membuat formulir atau kuis, lalu mengundang orang lain untuk mengisinya menggunakan tautan yang dibagikan yang dapat diakses melalui browser dan perangkat apapun. Setelah formulir atau kuis diisi, pengguna dapat menganalisis hasilnya untuk dievaluasi.

Formulir data, seperti hasil kuis bisa dengan mudah diekspor ke Excel untuk menambahkan analisis atau penilaian tambahan. Bahkan jika pengguna adalah seorang admin, pengguna dapat mempelajari tentang keamanan dan privasi seperti bagaimana penyimpanan data formulir dan bagaimana cara mengaktifkan atau menonaktifkan formulir tersebut di organisasi pengguna. Pengguna dapat mengakses Microsoft Forms di http://forms.office.com.

Microsoft Forms adalah aplikasi sederhana dan ringan yang memungkinkan untuk membuat survei, kuis, dan polling dengan mudah. Di lembaga pendidikan, dapat digunakan untuk membuat kuis, mengumpulkan umpan balik dari guru dan orang tua, atau merencanakan aktivitas kelas dan staf.  Guru dapat memanfaatkan Microsoft form sebagai kuis untuk mengevaluasi hasil pembelajaran siswa. Metode kuis ini dapat mendorong siswa untuk belajar secara mandiri di luar kelas dengan mempelajari dulu materi-materi yang sebelumnya pernah disampaikan sebelum pelajaran dimulai. Kuis juga berfungsi sebagai bahan review atas materi-materi pelajaran yang disampaikan sebelumnya. Metode ini juga dapat dimanfaatkan pendidik sebagai penilaian kepada siswa. Misal, pendidik memanfaatkan nilai dari setiap kuis untuk membantu siswa yang nilai tugas akhirnya kurang memuaskan.


B. Fitur Microsoft Form

  1. Ada dua tab pada form atau kuis yang akan dibuat, yaitu Questions dan Responses. Questions digunakan untuk membuat daftar pertanyaan dan Responses untuk melihat hasil isian formulir yang diisi pengguna lainnya. Microsoft Forms memiliki beberapa fitur, diantaranya yaitu:
  2. Dapat membuat antara formulir atau kuis dengan pertanyaan, membagikankan kepada orang lain, dan melihat hasil analisis responden yang masuk.
  3. Dapat menambahkan foto dan video ke dalam formulir atau kuis.
  4. Memiliki pilihan tema dengan desain dan penampilan yang menarik.
  5. Di bagian kuis, dapat memberikan poin untuk jawaban yang benar.
  6. Formulir atau kuis yang telah dibuat dapat dibagikan dengan orang lain serta mengajak bekerja sama bersama-sama.
  7. Hasil responden yang masuk secara otomatis akan dianalisis dalam bentuk grafik dari data keseluruhan. Pengguna juga dapat mengekspornya ke Excel.
  8. Memiliki tampilan yang web-friendly dan mobile-friendly ketika dilihat baik itu lewat web atau smartphone.


C. Kelebihan Microsoft Form

  1. Microsoft form menyediakan template yang beragam.
  2. Formulir dapat diacak baik opsi (pilihan) maupun pertanyaannya. Fitur ini sangat bermanfaat untuk formulir yang berupa kuis atau soal ujian online.
  3. Terdapat fitur subtitile. Fungsi Subtitle hanya dapat diisi dengan 'teks' atau 'equation (math).
  4. Terdapat fitur math.
  5. Microsoft form menyediakan fungsi timer yang berupa tanggal dan pukul mulai (start date) serta tanggal dan pukul selesai (end date).
  6. Terdapat fitur notifikasi lewat email.
  7. Microsoft form menyediakan fitur saran jawaban (suggested results).
  8. Bisa menambahkan baris pada pertanyaan
  9. Rangkuman respon dapat diunduh

Post a Comment for "Penggunaan Microsoft Form untuk Evaluasi Pembelajaran"