Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemanfaatan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran

A. Google Form

Google form adalah aplikasi yang dikembangkan Google. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk merencanakan acara, membuat kuisioner, mengirim survey, membuat kuis untuk siswa dan mengumpulkan informasi dengan cara yang cepat, mudah, dan efisien. Google form adalah bagian dari Google doc, sebuah aplikasi rintisan Google untuk membuat, mengedit, dan menyimpan dokumen. Formulir yang dibuat menggunakan Google form akan otomatis akan tersimpan di Google drive dan dapat dengan mudah dibagikan kepada siapa saja. Walaupun aplikasi ini awalnya dikenal untuk membuat survei dan kuesioner, namun saat ini Google form juga bisa digunakan guru untuk membuat media evaluasi pembelajaran.

Banyak guru yang menggunakan Google form sebagai media evaluasi karena aplikasi ini dapat diakses dengan mudah oleh semua orang. Google form dapat digunakan dalam membuat soal evaluasi dalam bentuk pilihan ganda dan isian. Kelebihan ketika membuat soal pilihan ganda dan isian singkat, Google form dapat mengoreksi jawaban secara otomatis dan siswa langsung mengetahui nilai hasil evaluasi pembelajaran setelah selesai mengerjakan. Google form secara otomatis menyimpan hasil pekerjaan siswa dan guru dapat mengunduh dalam bentuk dokumen Excel lengkap dengan nilai yang diperoleh dan jawaban yang dipilih oleh siswa. Pada Google form guru tidak perlu membuat soal evaluasi dalam beberapa paket karena Google secara otomatis dapat mengacak urutan soal dan opsi jawaban. 

Sekarang siswa sudah tidak asing lagi dengan teknologi informatika, terutama smartphone. Banyak siswa yang sudah dapat mengoperasikan smartphone secara mandiri, bahkan sudah banyak yang memiliki smartphone. Kondisi ini tentu sangat mendukung penggunaan Google form sebagai alat untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Google form bisa diakses dengan mudah oleh semua pihak, baik menggunakan perangkat komputer maupun menggunakan smartphone. Jika siswa tidak mungkin menggunakan laboratorium komputer, maka evaluasi tetap bisa dilaksanakan menggunakan smartphone yang dimiliki siswa. Evaluasi juga bisa dilakukan dengan sangat fleksibel, bisa dimana saja dan kapan saja.

Perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) juga menuntut perubahan dalam proses belajar mengajar, termasuk dalam pemberian tugas atau evaluasi kepada siswa. Pada umumnya, pemberian tugas dilakukan dengan menggunakan kertas, namun dengan memanfaatkan Google Form, pemberian tugas dapat dilakukan secara online. Penggunaan kertas dalam pemberian tugas dapat dikurangi serta dapat menghemat biaya. Google Forms dapat dijadikan sebagai salah satu  sarana dalam pemberian tugas atau evaluasi pembelajaran yang inovatif dan efektif.


B. Fungsi Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran

Adapun beberapa fungsi Google Form untuk evaluasi pembelajaran adalah sebagai berikut: 

  1. Memberikan tugas latihan/ ulangan online melalui laman website.
  2. Mengumpulkan pendapat orang lain melalui laman website.
  3. Mengumpulkan berbagai data siswa/ guru melalui halaman website.
  4. Membuat formulir pendaftaran online untuk sekolah.
  5. Membagikan kuesioner kepada orang-orang secara online.


C. Kelebihan Google Form sebagai Evaluasi Pembelajaran

  1. Google Form memiliki tampilan menarik. Aplikasi ini juga memiliki banyak template yang membuat kuis dan kuesioner online tersebut semakin menarik dan berwarna.
  2. Memiliki beragam jenis tes yang bebas dimanfaatkan oleh guru. Guru dapat memilih jenis tes yang digunakan sesuai dengan fasilitas pilihan tes yang disediakan untuk siswa. Misalnya pilihan jawaban pilihan ganda, ceklits, tarik turun, skala linier, dan lain sebagainya. 
  3. Dapat menambahkan gambar dan video YouTube ke dalam dalam kuis.
  4. Siswa dapat memberikan tanggapan dengan segera dimanapun dan kapanpun. 
  5. Aplikasi ini dapat digunakan setiap orang secara gratis untuk membuat kuisioner online dan kuis online menggunakan laptop atau handphone yang terhubung dengan internet lalu membagikan alamat link formnya kepada para siswa atau menempelkannya di sebuah halaman website.
  6. Hasilnya langsung tersusun dianalisis secara otomatis. Tanggapan survey siswa dikumpulkan dalam formulir dengan rapi dan secara otomatis, disertai info tanggapan waktu nyata dan grafik hasil tanggapan. Guru juga dapat  melihat semuanya di Spreadsheet, yakni aplikasi semacam Ms. Office Excel.


1 comment for "Pemanfaatan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran"