Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keterampilan Mengajar yang Harus Dipupuk Semua Pendidik

Keterampilan Mengajar yang Harus Dipupuk Semua Pendidik

Kemampuan komunikasi efektif
Satu rangkaian keterampilan yang harus dipupuk oleh semua guru adalah keterampilan komunikasi yang efektif. Seperti yang kita ketahui, komunikasi melibatkan mendengarkan dan berbicara, serta membaca dan menulis. Guru harus benar-benar terampil dalam semua bidang ini untuk komunikasi yang efektif. Jika guru berkomunikasi secara efektif, mereka dapat membuat segalanya lebih mudah dan lebih dimengerti oleh siswa. Karena guru berkomunikasi secara lisan di kelas setiap hari, mereka perlu memastikan pesan mereka jelas bagi siswa.
Komunikasi diperlukan dan sangat penting dalam penyampaian instruksi, manajemen kelas, dan banyak lagi. Mengingat bahwa semua peserta didik mengambil informasi secara berbeda, guru perlu menerapkan keterampilan komunikasi berbeda yang memotivasi dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran mereka.


Kolaborasi dengan Rekan Kerja
Kolaborasi guru yang efektif sangat penting untuk latihan yang lebih kuat dan prestasi siswa yang lebih tinggi. Guru dapat bekerja dalam tim, mengajar bersama , berbagi tanggung jawab, memberikan umpan balik secara kolektif, dan membangun rasa kepercayaan yang lebih baik di antara peserta didik melalui kolaborasi.
Komunitas Pembelajaran Profesional adalah cara yang bagus dan lazim untuk memberikan kesempatan kepada guru untuk berkomunikasi, meninjau item, dan berkolaborasi sebagai sebuah tim. Ini adalah pertemuan di antara seluruh tim yang biasanya dilakukan setiap minggu untuk membahas masalah, pencapaian siswa, potongan data, pembaruan, dan banyak lagi. Administrator akan, kadang-kadang, mampir ke rapat ini untuk memeriksa staf untuk memastikan semuanya berada di jalur yang benar. Ini juga merupakan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan jika ada saat itu.

Berpikir kreatif
Cara pertama untuk menumbuhkan kreativitas adalah dengan mencontohkannya bagi siswa. Ini dapat dilakukan melalui diskusi dan demonstrasi, serta pembelajaran berbasis proyek . Dengan melakukan itu, guru juga dapat mendorong berbagai sudut pandang dan menyoroti keberagaman. Jika ada siswa dari latar belakang yang berbeda, ini harus diungkapkan dan dirangkul di antara diskusi.
Selain itu, guru dapat mendorong pemikiran kreatif dengan membantu siswa melihat tingkat kemampuan mereka sendiri, meminta mereka membentuk pertanyaan tentang asumsi dan keyakinan, mendorong pemecahan masalah, dan terus sering membaca. Membaca dapat menyentuh imajinasi dan membantu perkembangan.

Kemampuan Beradaptasi
Kemampuan beradaptasi di dalam kelas adalah salah satu kualitas terpenting yang harus dimiliki setiap guru. Ini juga sejalan dengan fleksibilitas. Kedua karakteristik ini juga berjalan seiring. Perubahan menit terakhir mungkin juga diperlukan berdasarkan situasi tertentu di kelas. Ini mungkin lebih sulit bagi beberapa guru daripada bagi yang lain. Secara umum, ide ini hanya mampu menyesuaikan diri dengan perubahan peran, tanggung jawab pekerjaan, materi, dan jadwal . Itu selalu tujuannya!

Keterampilan Organisasi yang Efektif
Guru selalu perlu diatur. Keterampilan organisasi berkaitan dengan perencanaan, desain pelajaran , manajemen waktu, manajemen kelas, dan banyak lagi. Sejauh tahap perencanaan, guru perlu diatur dalam arti bahwa mereka perlu tahu bagaimana merencanakan waktu, apa dan bagaimana merencanakan, dan melaksanakannya. Untuk desain pelajaran, guru perlu mengetahui pelajaran apa yang mereka rencanakan dan memastikan mereka mengikuti dengan mondar-mandir dengan tepat.
Dengan manajemen waktu, ini berkaitan dengan instruksi mondar-mandir, tetapi juga manajemen waktu dalam fungsi kelas sehari-hari. Selain itu, organisasi manajemen kelas ikut berperan terkait transisi kelas, prosedur, dan pengaturan tempat duduk. Guru juga harus memelihara area kerja yang terorganisir.

Pengabdian dan Etika Kerja yang Kuat
Guru perlu menunjukkan pengabdian dan etos kerja yang kuat melalui pekerjaannya. Mereka perlu berinvestasi tidak hanya pada siswa mereka hanya untuk karir mereka, tetapi pada siswa mereka sebagai individu. Guru harus tetap termotivasi, fokus, dan berada di puncak tugas pekerjaan. Guru harus menyediakan diri untuk bertemu dengan siswa jika mereka membutuhkan dukungan ekstra. Guru juga perlu membangun hubungan yang solid dan saling percaya dengan siswanya sejak awal tahun ajaran. Ini dapat dibangun dan diperkuat sepanjang tahun ajaran.

Pengetahuan di Lapangan
Guru harus memiliki pengetahuan di bidang pendidikan. Ini termasuk tetap up to date pada penelitian, menghadiri pertemuan dan pengembangan profesional, dan membenamkan diri dalam pengetahuan mereka dengan praktik mengajar mereka. Guru harus tetap mengikuti dunia penelitian pendidikan tentang berbagai topik serta mengambil tindakan dalam pengembangan profesional untuk memajukan pendidikan dan pengalaman mereka di antara rekan kerja.
Sejauh jenis pengetahuan yang berbeda, mereka semua bekerja sama untuk memberi manfaat bagi guru. Jenis pengetahuan ini meliputi pengetahuan konten, pengetahuan konten pedagogis, dan pengetahuan kurikuler. Pengetahuan konten umumnya mengacu pada konsep dan topik yang diajarkan dan dipelajari dalam kursus tertentu, bukan keterampilan seperti membaca, menulis, matematika, dan lain-lain, Yang dipelajari siswa. Pengetahuan pedagogis mengacu pada pengetahuan khusus yang digunakan guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif bagi semua siswa untuk kesuksesan akhir mereka. Pengetahuan kurikuler mengacu pada pemahaman guru tentang program pembelajaran sekolah yang telah dikembangkan untuk berbagai tingkatan.
Singkatnya, ini adalah beberapa dari berbagai keterampilan yang harus dipupuk oleh semua guru. Guru selalu berusaha untuk meningkatkan karier mereka dan menjadikan ruang kelas mereka lingkungan terbaik. Mengajar adalah profesi yang membutuhkan begitu banyak “topi” yang berbeda untuk satu orang.

Post a Comment for "Keterampilan Mengajar yang Harus Dipupuk Semua Pendidik"