Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Kerja Kelompok untuk Mengajar

Apa pepatah lama, dua kepala lebih baik dari satu? Telah tertanam dalam diri para pendidik selama bertahun-tahun bahwa kerja kelompok sangat penting untuk keberhasilan siswa. Pandemi Covid-19 dan pembelajaran virtual sama-sama menciptakan banyak kendala bagi kerja kelompok di sekolah. Guru telah dipaksa untuk menjadi sangat kreatif dengan rencana kerja kelompok sepanjang tahun. Sama seperti cara pendidikan telah berubah begitu banyak dalam kerangka waktu yang begitu singkat, begitu pula kerja kelompok dan cara kami mencapai pembelajaran kolaboratif .
Apa Manfaat Kerja Kelompok?
Kerja kelompok memiliki banyak manfaat karena memberi Anda kemampuan untuk berkolaborasi dan memantulkan ide satu sama lain. Anda dapat memecah tugas yang kompleks, melakukan diskusi yang berharga untuk menciptakan pemahaman yang lebih mendalam, dan Anda dapat melakukan debat bersahabat dengan menantang asumsi dalam kelompok. Manfaat utama kerja kelompok adalah membantu menciptakan keterampilan komunikasi yang lebih kuat. Dengan teknologi dan pesan teks / email, pada masa pendemik Covid-19 tidak banyak kesempatan bagi siswa untuk berkomunikasi satu sama lain dan orang dewasa lainnya secara lisan. Kesempatan sosial perlu dimanfaatkan dan digunakan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih baik.

Ide Kerja Kelompok untuk Dicoba di Kelas
Memanfaatkan Fitur yang ada pada Google
Google adalah penyelamat kehidupan nyata di era baru pembelajaran virtual ini dan dapat digunakan untuk mata pelajaran apa pun di sekolah! Salah satu fitur hebatnya adalah banyak orang dapat mengedit dokumen yang sama pada waktu yang sama. Saat Anda menetapkan proyek untuk mata pelajaran apa pun, siswa dapat mengerjakan proyek dalam kelompok tanpa harus berada di lokasi yang sama. Dokumen, slideshow, sheet, dan lain-lain. Dapat dibagikan di antara anggota grup dan diedit dari mana saja dan perangkat apa pun! Siswa bahkan dapat mengedit proyek dan menulis dengan cara ini dengan meninggalkan komentar / saran pada dokumen yang tidak akan mengubah isinya. Fitur hebat lainnya untuk Google Documents, Slides, dan lain-lain adalah pengeditan disimpan secara otomatis. Google adalah alternatif berbasis web untuk Microsoft Office dan semuanya disimpan secara otomatis.
Google Meets (dan Zoom) Adalah fitur luar biasa untuk peluang kerja kelompok! Fitur ini telah ditambahkan selama tahun ajaran baru ini, dan memungkinkan guru membuat berbagai grup kecil dalam Google Meet. Lebih banyak peningkatan untuk fitur ini akan segera terjadi dan pengajar akan dapat membuat ruang terobosan sebelum Google Meet yang akan menghemat waktu!

Klub buku
Klub buku adalah ide bagus untuk segala usia, dan ini bisa dilakukan secara langsung atau melalui klub buku virtual . Secara historis, sebuah buku dibaca selama periode waktu tertentu dan kemudian dibahas pada pertemuan Klub Buku. Anda dapat menjadikan ini sebagai pertemuan opsional setelah sekolah, atau Anda dapat mengubah ide ini dan meminta siswa mengatur ke dalam ruang istirahat untuk membahas bab-bab dari novel yang sedang dibaca untuk kelas. Guru dapat mengirimkan pertanyaan kepada kelompok yang akan memicu diskusi akademis yang berharga. Ini adalah kegiatan kelompok yang mudah dilakukan secara langsung atau secara virtual.

Grup Metode Jigsaw
Metode Jigsaw adalah cara yang bagus untuk menggabungkan kerja kelompok dalam belajar virtual / hybrid serta memiliki siswa mengambil kepemilikan pembelajaran mereka dengan mengajar orang lain. Google Meets adalah cara terbaik untuk memasukkannya ke dalam rencana pelajaran Anda. Anda dapat mengatur siswa ke dalam ruang istirahat tempat mereka akan bekerja bersama dalam tugas tempat pembelajaran baru berlangsung. Misalnya, dalam Ilmu Sosial, saat mempelajari berbagai wilayah di Indonesoa, setiap kelompok dapat meneliti sumber daya alam pada wilayah di Indonesia. Setelah penelitian selesai, Anda dapat mengatur ulang grup sehingga satu anggota dari setiap wilayah berada dalam grup baru dan dapat mengajari grup tentang pembelajaran baru mereka dan wilayah mereka.

Papan Pilihan
Papan pilihan adalah cara yang bagus untuk menggabungkan pembelajaran kelompok dan juga memberi siswa pilihan atas cara yang mereka inginkan untuk belajar! Anda dapat membuat grup untuk ruang istirahat berdasarkan pilihan aktivitas yang ingin diselesaikan siswa! Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan minat siswa, serta memberikan rasa kepemilikan kepada siswa atas pembelajaran mereka. Siswa dapat bertemu siswa baru dengan minat yang sama seperti mereka dalam jenis kegiatan ini. Papan pilihan dapat digunakan untuk semua bidang subjek yang berbeda, dan bahkan dalam pembelajaran sosial-emosional atau pelajaran pendidikan karakter.

Diskusi Pertemuan Pagi
Ini dapat digunakan dalam pengaturan tingkat kelas apa pun dan merupakan cara yang bagus untuk memasukkan pembelajaran sosial-emosional dan pembangunan karakter ke dalam hari-hari Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat kurangnya kesempatan untuk interaksi sosial, dan dengan cara ini siswa dapat bertemu dan lebih mengenal teman sekelasnya. Pilih satu hari dalam seminggu untuk "Think-It-Out Thursday" Anda (bisa hari apa saja, itu hanya sebuah contoh), dan ajukan pertanyaan diskusi kepada kelompok-kelompok kecil. Mereka akan membahasnya di antara kelompok dan kemudian membawanya kembali ke seluruh kelompok. Salah satu contoh topiknya adalah "Jika Anda berada di posisi kepala sekolah, bagaimana perasaan Anda menangani stres Pandemi Covid-19 dan berusaha membuat sekolah menjadi tempat yang menyenangkan?"

Kesimpulan
Kerja kelompok akan selalu memiliki nilai yang luar biasa tidak hanya untuk pendidikan tetapi juga untuk kehidupan. Saat siswa bekerja menuju upaya pasca sekolah menengah mereka, kerja kelompok akan hadir dalam berbagai cara. Membuat siswa mempelajari nilai dan pentingnya kerja kelompok adalah salah satu alat terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membawa mereka ke dunia nyata. Selain memahami konsep-konsep ini, menjadi rekan tim dan anggota kelompok yang baik adalah keterampilan yang penting untuk dimiliki. Seperti yang dikatakan Henry Ford, “Datang bersama adalah sebuah permulaan; menjaga kebersamaan adalah sebuah kemajuan; bekerja sama adalah sukses." Guru perlu memberi siswa alat dan mentalitas yang tepat untuk dapat bekerja dengan orang lain dan mencapai tingkat tinggi tidak hanya kesuksesan, tetapi juga kebahagiaan dalam perjalanan ke sana.

Post a Comment for "Ide Kerja Kelompok untuk Mengajar"