Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggunaan Kahoot! untuk Membuat Kuis Online dalam Pembelajaran

A. Kahoot!

“Kahoot!” merupakan website pendidikan yang pada awalnya diinisiasi oleh Johan Brand, Jamie Brooker dan Morten Versvik dalam sebuah proyek gabungan dengan Norwegian University of Technology and Science pada Maret 2013. Pada bulan September 2013 “Kahoot!” mulai dibuka untuk  omput. Satu tahun setelah diluncurkan, Kahoot! sudah memiliki lebih dari 1,5 juta pengajar yang telah terdaftar dan 49 juta pembelajar yang terdaftar untuk memainkan permainan ini.

Kahoot! adalah aplikasi untuk membuat kuis online berbasis permainan yang sengaja dirancang untuk aktivitas pembelajaran. Kahoot! dapat digunakan untuk beberapa bentuk asesmen diantaranya kuis online,  omput, dan diskusi dimana ketiganya memiliki cara yang bermacam-macam untuk dimainkan. Dalam penggunaannya, Kahoot! Harus terhubung koneksi internet untuk dapat mengakses kontennya dan perangkat seperti  omputer atau smartphone sebagai media pengoperasiannya. 

Kahoot!  dapat dimainkan secara individu, meskipun demikian yang menjadi desain utamanya adalah permainan secara berkelompok. Kahoot! memiliki dua alamat website yang berbeda yaitu https://kahoot.com/ untuk pengajar dan https://kahoot.it/ untuk pembelajar. “Kahoot!” dapat diakses dan digunakan secara gratis, termasuk semua fitur-fitur yang ada di dalamnya.  


B. Cara Memainkan Kahoot! 

Cara memainkan Kahoot! untuk pembelajaran  di dalam kelas adalah sebagai berikut:
  1. Guru mengakses website https://kahoot.com/ dan membuat akun. 
  2. Guru memilih atau membuat materi yang sesuai dengan umur dan kebutuhan anak dengan fitur yang sudah tersedia. 
  3. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok dan membekali kelompok tersebut dengan satu perangkat (akan lebih mudah dengan handphone) dan mengakses https://kahoot.it/.
  4. Setelah dipilih atau dibuat materi yang sesuai, pertanyaan yang berupa pilihan ganda akan ditampilkan pada perangkat utama milik guru.
  5. Siswa memilih jawaban yang sesuai dari perangkat yang ada pada masing-masing kelompok pada durasi waktu yang telah ditentukan. 

Kahoot memiliki empat fitur yaitu: game, kuis, diskusi dan survey. Untuk game, terdapat pilihan membuat jenis pertanyaan, dan menentukan jawaban yang paling tepat serta waktu yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Uniknya, jawaban nantinya akan diwakili oleh gambar dan warna. Peserta diminta memilih warna/gambar yang mewakili jawaban.


C. Kelebihan Kahoot!

  1. Penggunaan Kahoot! memungkinkan guru untuk membuat kuis, diskusi, maupun pertanyaan dengan memasukkan berbagai elemen seperti video, gambar maupun teks. Kemudian siswa dapat mengakses dengan menggunakan berbagai perangkat yang seperti smartphone, tablet, laptop dan perangkat lainnya dengan mudah. 
  2. Guru bisa memberikan batasan waktu untuk menjawab kuis atau pertanyaan  yang di berikan oleh  guru sehingga bukan hanya jawaban benar saja yang diperlukan namun juga ketepatan waktu juga menjadi poin utama dalam menjawab kuis atau survey yang diberikan oleh guru. 
  3. Kahoot dalam pembelajaran dapat membantu guru  untuk mengumpulkan umpan balik dari siswa, melakukan penilaian untuk mengetahui pemahaman belajar siswa, dan membuat penelaan atau ajuan  pendapat tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran yang terjadi di kelas. 
  4. Dari sisi kreativitas, kahoot memungkinkan siswa untuk tidak hanya menjawab pertanyaan tetapi juga membuat pertanyaan mereka sendiri. Didalam Kahoot juga berlaku sebuah asas Siapa Cepat dan Benar, Dia Hebat! Ini berarti siapapun siswa yang dapat menjawab pertanyaan atau kuis dengan cepat dan benar berarti dia akan mendapat nilai yang tinggi.

Post a Comment for "Penggunaan Kahoot! untuk Membuat Kuis Online dalam Pembelajaran"