Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerja Sama Negara-Negara ASEAN di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, dan Pendidikan - Materi IPS Kelas 6 SD / MI

ASEAN ataupun Association of South East Asian Nations adalah bentuk kerja sama negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ASEAN berdiri dengan diprakarsai oleh 5 menteri luar negeri dari kawasam Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, serta Singapura pada 8 Agustus 1967 di Bangkok. Lima menteri luar negeri yang peran penting di balik berdirinya ASEAN adalah Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos(Filipina), S. Rajaratnam (Singapura), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khonam (Thailand). Sampai saat ini, negara-negara yang tergabung dalamÁSEAN ada 10 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapora, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, serta Kamboja.

Latar belakang berdirinya ASEAN tidak lepas dari terdapatnya persamaan antara negara- negara di Asia Tenggara. Satu di antara tujuan didirikannya ASEAN adalah untuk memesatkan perkembangan ekonomi, kemajuan sosial serta perkembangan budaya di kawasan. Jadi, adanya ASEAN memiliki peran di tiap- tiap bidang tersebut, guna menguatkan kerja sama yang terjalin. Berikut ini sebagian contoh wujud kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang:


A. Kerja Sama Negara-Negara ASEAN di Bidang Ekonomi

1. Pembukaan Pusat Promosi ASEAN

Promosi yang dilakukan oleh ASEAN meliputi sektor perdagangan, pariwisata, serta investasi. Pembukaan pusat promosi ASEAN dilakukan di negara Jepang yang merupakan negara yang memiliki pertumbuhan cepat dalam berbagai sektor. Pembukaan pusat promosi di Jepang memiliki tujuan untuk melaksanakan peningkatan aktivitas ekspor dari negara- negara ASEAN ke Jepang serta meningkatkan jumlah investor Jepang untuk negara- negara ASEAN.

2. Penyediaan Cadangan Pangan

Wujud kerja sama dalam penyediaan cadangan pangan tidak hanya dilakukan untuk kerja sama yang saling menguntungkan, namun jua dalam kondisi yang darurat. Misalnya, pada saat salah satu negeri ASEAN hadapi krisis pangan karena bencana, negara lain siap menyuplai cadangan pangan untuk Negara tersebut.  

3. Penyelenggaraan Proyek Industri

Bebragai proyek industri ASEAN adalah sebagai berikut:

a.  ASEAN Aceh Fertilizer Project, yaitu pabrik pupuk di Aceh-Indonesia.

b. ASEAN Urea Project, pabrik pupuk di Malaysia.

c. ASEAN Copper Fabrication Project, yaitu pabrik tembaga di Filipina.

d. ASEAN Vaccine Project yang memproduksi vaksin di Singapura.

e. Rock Salt Soda Ash Project yang memproduksi abu soda di Thailand.

4. Kawasan Perdagangan Bebas

Kawasan perdagangan bebas ASEAN atau AFTA (ASEAN Free Trade Area)  adalah bentuk kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi. AFTA  bertujuan mengembangkan sektor produksi dalam enegeri yang ada di seluruh negara ASEAN.

5. Koperasi ASEAN

Koperasi ASEAN atau ASEAN Cooperative Organization (ACO) merupakan bentuk kerja sama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. Koperasi ASEAN memiliki tujuan untuk mengokohkan  organisasinya sebagai sebuah gerakan koperasi yang menopang perekonomian di Asia Tenggara.


B. Kerja Sama Negara-Negara ASEAN di Bidang Politik

1. ASEAN Defense Ministers Meeting

ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) merupakan bentuk kerja sama pada bidang  politik. ADMM yang merupakan pertemuan rutin menteri keamanan negara- negara anggota ASEAN. Pertemuan ini diadakan untuk membahas kerja sama  dan diplomasi politik dalam bidang pertahanan dan keamanan negara-negara  ASEAN.

2. Pengiriman Duta dan Konsulat

Pengiriman duta dan konsulat adalah uapaya yang dilakukan agar perwakilan  negara selalu ada dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai bagian dari ASEAN.

3. Perjanjian Ekstradisi ASEAN

Perjanjian ekstradisi negara-negara ASEAN adalah bentuk kerja sama pada bidang politik dalam mangatasi tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN.

4. Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir

Perjanjian kawasan bebas nuklir adalah kerja sama negara-negara ASEAN pada bidang politik tentang pelarangan senjata nuklir di negara ASEAN. Dalam Perjanjian ini melarang keras adanya perancangan dan pembuatan senjata  nuklir di kawasan ASEAN.

5. Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral

Perjanjian kawasan damai, bebas, dan netral merupakan kerja sama negara-negara di ASEAN untuk menjaga setiap negara agar tetap damai.


C. Kerja Sama Negara-Negara ASEAN Bidang Sosial Budaya

1. Pertukaran kunjungan antar seniman ASEAN.

2. Festival lagu dan lomba menyanyi negara-negara ASEAN.

3. Kerja sama promosi pariwisata.

4. Kerja sama budaya serumpun Melayu.

5. Pertukaran berita dan penyiaran informasi mengenai ASEAN melalui televisi dan radio.

6. Penyelenggaraan pesta olahraga SEA-Games setiap dua tahun sekali.


D. Kerja Sama Negara-Negara ASEAN Bidang Pendidikan

1. ASEAN Council of Teachers Convention (ACT) di Sanur, Denpasar pada 8 Desember 2012 dengan tema ASEAN Community 2015: Teacher Professionalism for Quality Education and Humanity. Pada pertemuan ini hadir organisasi guru dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, serta Korea Selatan.

2. Penawaran beasiswa pendidikan. Contohnya, Singapura memberikan beasiswa latihan pengelolaan jasa pelabuhan udara, kesehatan, dan keselamatan kerja industri, komunikasi bahari, dan lain-lain. Contoh lain: Indonesia memberikan beasiswa pendidikan kedokteran, bahasa, dan seni kepada pelajar negara-negara anggota ASEAN dan kawasan negara berkembang.

3. Negara-negara ASEAN memanfaatkan beasiswa untuk belajar di berbagai universitas di negara-negara ASEAN dan Jepang atas biaya yang diberikan oleh ASEAN-Japan Scholarship Fund (Dana Beasiswa ASEAN-Jepang).

4. Olimpiade di bidang pendidikan sering diadakan pada taraf regional Asia Tenggara. Contoh: Pertamina menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015.


Sumber:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Tematik Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Tematik Kelas 6 Tema 8 Bumiku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Post a Comment for "Kerja Sama Negara-Negara ASEAN di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, dan Pendidikan - Materi IPS Kelas 6 SD / MI"