Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Blended Learning? dan Apa Manfaatnya?

Pada masa pendemi Covid-19, pendidik dan lembaga pendidikan harus bergerak ke cara mengajar yang baru. Bimbingan atau pembelajaran tatap muka tidak selalu memungkinkan karena kesehatan dan keselamatan. Sekarang ada dampak yang buruk ketika melakukan pembelajaran tatap muka dalam kelas dengan jumlah siswa yang besar.
Inilah sebabnya mengapa Blended Learning adalah salah satu cara terbaik untuk mengajar di semester baru dan tahun ajaran baru. Pada artikel ini, akan dijelaskan apa sebenarnya blended learning dan apa manfaat dari pendekatan ini.
Apa itu Blended Learning?
Blended Learning adalah kombinasi pengajaran di kelas dan pengajaran kelas online. Ini berarti bahwa siswa Anda dapat memperoleh hasil maksimal dari pembelajaran mereka sambil melakukannya dengan cara yang paling aman. Artinya, lembaga pendidikan dapat memilih jadwal yang melibatkan pengajaran online dan tatap muka. Peserta didik kemudian dapat terlibat dalam berbagai cara mengajar.
Pembobotan pengajaran online dan langsung tergantung pada kebijaksanaan institut. Ini perlu mengakomodasi berbagai faktor untuk memastikannya digunakan secara efisien. Faktor-faktor seperti jumlah siswa, jumlah pertemuan, seluruh elemen yang terlibat dalam pembelajaran akan berperan dalam menentukan jumlah pembelajaran yang akan dijadwalkan suatu lembaga pendidikan.

Memungkinkan Fleksibilitas yang Lebih Besar untuk Siswa
Fleksibilitas dapat dirasakan jika Anda memiliki siswa yang lebih dewasa yang memiliki tanggung jawab. Mereka mungkin dapat berjuang dengan menemukan cara yang tepat dalam menyesuaikan pembelajaran mereka dengan jadwal yang sudah sibuk. Ini berarti bahwa mereka memiliki cukup ruang untuk bernapas untuk menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan dengan kecepatan yang mereka kelola dengan nyaman. Siswa dapat mengatur waktu mereka sendiri dan mengakses pekerjaan di waktu mereka sendiri, membantu mereka menjadi lebih termotivasi dalam mengatur jadwal mereka sendiri.
Mereka akan mengatur waktu ketika mereka dapat menghubungi guru mereka atau mengadakan tutorial tatap muka atau online. Hal ini memungkinkan rasa kebebasan yang lebih besar untuk memilih jam-jam di mana mereka mengakses dan menyelesaikan pembelajaran mereka sendiri.
Bagi siswa yang lebih muda, hal ini mendorong mereka untuk menjadi mandiri dalam pendidikan. Ini mempromosikan keterampilan hidup yang hebat dan atribut yang akan mendukung mereka dalam manfaat yang baik untuk pendidikan lebih lanjut.

Instruksi dan Umpan Balik yang Lebih Baik tentang Pekerjaan
Dengan jumlah kelompok yang besar di ruang kelas, mungkin sulit untuk memberikan umpan balik yang memadai dan mendalam kepada siswa. Apalagi dengan cara mereka bekerja dan kualitas karya yang mereka kirimkan.
Dengan Blended Learning dan kombinasi pembelajaran online, guru dapat menggunakan teknologi seperti perangkat lunak manajemen sekolah untuk memberikan umpan balik. Mereka juga dapat membuat siswa selalu up-to-date dengan berbagai tugas dan pengaturan pekerjaan rumah.
Artinya, setiap instruksi atau pekerjaan dikirim ke alamat email atau profil siswa. Mereka kemudian diberitahu tentang apa pun yang perlu diselesaikan atau dikerjakan.
Dalam pengajaran tatap muka, instruksi tidak selalu jelas bagi setiap siswa. Mereka terkadang mungkin melewatkan atau tidak memahami instruksi. Dengan teknologi seperti ini, itu berarti mereka selalu memiliki porta panggilan untuk memeriksa setiap pekerjaan rumah, tugas kelas, atau umpan balik.

Komunikasi yang Lebih Efektif Antara Siswa dan Guru
Dengan Blended Learning, ini berarti bahwa siswa dan pendidik dapat berkomunikasi dalam berbagai cara untuk memperkuat pembelajaran apa pun. Mereka dapat berbicara sambil bertatap muka tetapi juga melalui email, papan diskusi, atau obrolan video.
Artinya peserta didik mampu berkomunikasi dengan metode yang sesuai dengan gaya belajar mereka dan metode komunikasi yang disukai. Ini juga membantu mereka mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang topik secara umum.
Sebelumnya dengan pengajaran tatap muka, jika seorang siswa tidak memahami sesuatu, mereka tidak akan dapat menindaklanjutinya hingga pelajaran berikutnya. Namun, dengan Blended Learning, mereka dapat meminta klarifikasi lebih lanjut dari guru mereka dengan lebih cepat.

Kondisi Pengajaran yang Lebih Baik dan Siswa yang Lebih Terlibat
Banyak pendidik merasa pengajaran di ruang kelas terkadang melelahkan. Hal ini terutama terjadi jika perilaku atau gangguan yang buruk menjadi masalah dalam pelajaran. Dengan Blended Learning, tekanan mengajar seminggu dengan jadwal penuh kepada sekelompok besar siswa menjadi tidak aktif.
Ini berarti Anda dapat menghemat energi dan berusaha lebih keras untuk mengajar pelajaran tatap muka serta online dalam jumlah yang lebih sedikit. Pelajaran online jauh lebih mudah untuk dikelola dalam kaitannya dengan perilaku siswa dan berarti siswa Anda akan lebih terlibat.
Ini memungkinkan siswa Anda untuk melakukan pembelajaran yang lebih mandiri dan bekerja dengan kecepatan mereka sendiri sementara Anda dapat membantu mereka yang membutuhkan dukungan tambahan.
Manfaat lain adalah bahwa siswa berprestasi tinggi dapat bekerja lebih cepat dan mengakses pekerjaan tambahan yang sudah terintegrasi ke dalam sistem. Ini juga berarti Anda tidak perlu mengganggu aliran Anda atau melepaskan diri dari diskusi Anda dengan siswa yang membutuhkan lebih banyak dukungan.
Ini sempurna untuk ruang kelas dengan siswa berprestasi campuran. Ini karena terkadang sulit untuk menyampaikan pelajaran yang melayani semua tingkatan siswa. Ini memungkinkan siswa dengan kemampuan yang berbeda untuk terlibat dengan pekerjaan yang ditetapkan pada waktu yang sama.

Blended Learning: Di Mana Saya Dapat Menemukan Lebih Banyak?
Kami harap artikel ini menjelaskan apa itu blended learning dan manfaatnya membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang baru.
Apapun metode pembelajaran yang Anda pilih, kesehatan dan keselamatan guru dan siswa harus selalu menjadi yang terpenting. Blended learning memberikan kesempatan kepada institusi pendidikan untuk menyampaikan berbagai cara pembelajaran.

Post a Comment for "Apa Itu Blended Learning? dan Apa Manfaatnya?"