Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Membantu Anak Beradaptasi dengan Sekolah Online

Dengan kebijakan physical distance yang diterapkan mulai tahun 2020 (dan bahkan mungkin setelahnya)atau semenjak ada pendemi Covid-19, langkah-langkah untuk menjaga jarak orang tidak akan hilang dalam waktu dekat. Itu termasuk dalam dunia pendidikan, yaitu dengan penrapan sekolah online. Sekolah online telah menjadi mode pembelajaran yang populer, dengan kelas yang dilakukan dari jarak jauh. Seringkali ini melibatkan anak-anak yang duduk di depan komputer menggunakan semacam perangkat lunak obrolan video seperti Zoom, dengan seseorang yang mengajar kelas dari rumah mereka sendiri.Meskipun ini adalah solusi inovatif untuk pembelajaran jarak jauh, beberapa anak mungkin kesulitan beradaptasi dengan cara hidup baru ini. Jika anak Anda mengalami beberapa masalah, berikut 5 cara untuk membantu anak anda beradaptasi dengan sekolah online:
1. Jaga Mereka dalam Rutinitas
Mungkin saja mereka memiliki sedikit lebih banyak waktu luang dengan jadwal mereka sekarang. Beberapa guru akan mencatat sebelum pelajaran dan meminta orang tua mengawasi anak-anak mereka dan memastikan anak-anak menyelesaikan tugas, karena guru tidak mengajar anak-anak mereka secara langsung.
Jika ini masalahnya, penting untuk menjaga anak Anda dalam rutinitas yang mereka kenal atau biasa dilakukan ketika pembelajaran tatap muka.
Orang tua hendaknya tidak memperbolehkan anak-anak bermain video game atau menonton TV selama jam sekolah biasa, jam sekolah hanya untuk melaksanakan aktivitas yang berkaitan dengan pelajaran. Begitu juga waktu istirahat dan tidur, dipastikan seperti jadwal biasanya. Menjaga mereka dalam rutinitas akan membantu penyesuaian mereka. 

2. Sewa Tutor Online atau Virtual
Sama seperti sekolah ketika tatap muka, jika anak-anak kesulitan dengan sekolah, tutor bisa menjadi sumber yang bagus. Semakin banyak tutor yang beroperasi secara online dan mereka mencakup berbagai mata pelajaran, usia, dan tingkatan.
Apa pun masalah yang dihadapi anak Anda, mungkin ada tutor di luar sana yang bisa membantu. 

3. Bantu Mereka Merencanakan Waktu bersama Teman
Bahkan anak-anak membutuhkan keseimbangan kehidupan kerja yang sesuai. Jika mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di sekolah pembelajaran online dan sisanya sendirian, mereka pasti akan kesulitan menyesuaikan diri.
Bantu mereka merencanakan waktu bersama teman. Meskipun tidak aman untuk bergaul dengan mereka secara langsung, menunjukkan kepada mereka cara menggunakan perangkat lunak untuk waktu sosial serta pembelajaran online dapat menjadi manfaat yang sangat besar.
Anak Anda dapat melakukan obrolan video dengan teman-temannya, dan bahkan memainkan beberapa game selama waktu senggang mereka. 

4. Buat Zona atau Tempat yang Tenang Tanpa Gangguan
Jika Anda memiliki sudut rumah yang dapat Anda desain untuk anak-anak saat mereka menggunakan platform pembelajaran online mereka, itu ideal. Itu harus menjadi zona 'tanpa gangguan' mereka - tempat mereka pergi untuk belajar dan pergi setelah mereka selesai sekolah pada hari itu.
Ini akan memastikan mereka tidak mengaburkan batas antara sekolah dan kesenangan, dan dapat bersantai saat jauh dari zona itu. 

5. Dorong Mereka untuk Berbagi Kendala tentang Sekolah Online
Anda harus selalu mendorong anak Anda untuk berbagi kendala yang mereka miliki dan menjelaskan apa yang mereka perjuangkan. Jangan menutupnya atau membentak mereka karena stres, dengarkan mereka dan lihat apakah Anda dapat menemukan solusi bersama.
Bagaimanapun, ini adalah penyesuaian untuk Anda berdua!

Mereka Bisa Melakukan Ini!
Motivasi anak Anda di atas segalanya! Beri tahu mereka bahwa mereka dapat melakukan ini dan percaya pada diri Anda sendiri dalam membantu mereka menyesuaikan diri. Sekolah online pada awalnya akan selalu terasa aneh, tetapi dengan alat dan dukungan yang tepat, pendidikan mereka tidak akan terganggu.

Post a Comment for "5 Cara Membantu Anak Beradaptasi dengan Sekolah Online"