Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Langkah Mudah Membuat Lembar Kerja Siswa

Lembar kerja jelas merupakan tulang punggung siswa dalam mempelajari dan memahami konsep yang diajarkan oleh guru. Membuat lembar kerja Anda sendiri itu mudah, dan memungkinkan Anda untuk memasukkan materi yang tepat yang Anda inginkan untuk memastikan siswa Anda dapat belajar dan berkomitmen untuk menghafalnya. Berikut adalah 5 langkah mudah membuat lembar kerja siswa.
LANGKAH 1
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui informasi yang ingin Anda sertakan pada lembar kerja Anda. Buatlah kerangka diri Anda sendiri tentang apa yang ingin Anda masukkan. Anda kemudian harus memutuskan bagaimana Anda ingin menyajikan pertanyaan atau teka-teki kepada siswa. Apakah Anda ingin menjadikannya teka-teki pencarian kata dengan pesan rahasia di bagian bawah lembar kerja untuk memperkuat konsep pelajaran? Apakah Anda ingin ini menjadi pilihan ganda atau mengisi lembar kerja yang kosong sedangkan siswa perlu menggunakan buku teks mereka untuk menjawab pertanyaan dengan benar?

LANGKAH 2
Selanjutnya, Anda perlu mendesain lembar kerja Anda di atas kertas. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan program pengolah kata di komputer Anda, seperti Microsoft Word atau Microsoft Publisher, atau Anda dapat memilih untuk menggunakan generator lembar kerja yang dapat Anda temukan di Internet. Ada banyak tempat di mana Anda dapat membuat generator lembar kerja, seperti di Teknologi Guru. Jika Anda memilih untuk menggunakan program pengolah kata Anda sendiri, maka Anda harus memastikan untuk mengatur margin Anda dengan benar sehingga Anda dapat memasukkan semua materi ke dalam lembar kerja. Pilih font yang mudah dibaca anak-anak. Pastikan warna yang Anda pilih akan muncul dengan baik pada versi cetak lembar kerja. Terkadang kuning atau ungu bisa keluar cahaya, meskipun terlihat baik di monitor komputer Anda.

LANGKAH 3
Sekarang saatnya menambahkan beberapa gambar clipart ke lembar kerja Anda untuk memberi mereka beberapa kepribadian. Anda dapat menemukan banyak clipart di Internet, tetapi Anda harus memastikan untuk memeriksa kebijakan setiap situs sebelum hanya menggunakan clipart apa pun. Mungkin sekolah Anda sudah memiliki lisensi dengan perusahaan clipart yang mengizinkan mereka menggunakan clipart pada dokumen sekolah. Tanyakan kepada sekretaris sekolah untuk mengetahui apakah ini adalah sesuatu yang dapat Anda gunakan di lembar kerja Anda. Cukup salin dan tempel gambar ke lembar kerja Anda di tempat yang Anda inginkan.

LANGKAH 4
Lihatlah lembar kerja yang Anda siapkan di layar komputer Anda. Pastikan Anda telah memasukkan semua yang Anda inginkan. Sekarang lihat lembar kerja di jendela "pratinjau cetak". Jendela ini menunjukkan dengan tepat apa yang akan dicetak. Anda akan ingin melakukan ini untuk memastikan bahwa semua yang Anda letakkan di lembar kerja akan dicetak dengan baik. Ini adalah langkah yang sangat penting, jika Anda telah menyesuaikan margin dengan cara apa pun. Setelah Anda melihat pratinjau bagaimana itu akan dicetak, Anda dapat membuat beberapa penyesuaian (mengurangi ukuran font, mengurangi ukuran clipart, dan lain-lain.) Atau langsung saja dan mencetak lembar kerja.

LANGKAH 5
Tentu saja, Anda perlu membuat banyak salinan lembar kerja untuk siswa Anda. Pertimbangkan untuk mencetak satu salinan lembar kerja di rumah atau di ruang kelas Anda, dan gunakan mesin fotokopi berwarna di kantor sekolah Anda, jika tersedia. Jika lembar kerja Anda memiliki banyak warna, maka itu akan menggunakan tinta printer Anda dengan cukup cepat. Jika sekolah Anda tidak memiliki mesin fotokopi berwarna, pertimbangkan untuk membawa lembar kerja ke tempat penyalinan cepat untuk menjalankan salinannya untuk Anda. Ini tidak akan merugikan Anda, dan salinan Anda akan selesai dengan cepat dan mudah.

Post a Comment for "5 Langkah Mudah Membuat Lembar Kerja Siswa"