Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Hal yang Dapat Dilakukan Guru Saat Memiliki 5 Menit Sisa di Kelas

Aapabila Anda menyelesaikan pelajaran untuk hari itu, tetapi Anda masih memiliki waktu tersisa dan sekelompok siswa yang bersemangat tanpa pekerjaan produktif. Apa yang dapat Anda lakukan saat ini untuk menjaga kelas Anda tetap terkendali sampai bel berbunyi? Berikut adalah daftar 10 hal yang dapat dilakukan guru saat memiliki 5 menit sisa di kelas.
1. Penulisan jurnal
Mintalah siswa Anda menulis entri jurnal untuk meringkas hal-hal yang mereka pelajari di kelas pada hari itu. Pastikan mereka memberi tanggal entri mereka sehingga mereka akan memiliki catatan kapan mereka menulis di jurnal mereka. Ini adalah latihan yang bagus untuk membantu anak-anak memperkuat apa yang mereka pelajari, serta memberi mereka pertanyaan yang mungkin mereka miliki keesokan harinya tentang sesuatu yang tidak mereka pahami sepenuhnya.

2. Lakukan polling
Dengan hanya 5 menit tersisa di kelas, ini adalah waktu yang tepat untuk mengadakan polling agar siswa dapat memberikan suara. Anda dapat menggunakan fakta untuk mendapatkan perasaan anak-anak tentang apakah mereka menganggap sesuatu itu adil atau tidak, atau membuat daftar kemungkinan tanggapan sebagai cara anak melakukan sesuatu yang berbeda dari yang sebenarnya terjadi. Misalnya, ketika berbicara tentang bagaimana cara mengatasi banjir yang ada di lingkungan, mungkin para siswa akan menangani situasi dengan cara yang berbeda.

3. Menulis catatan
Siswa selalu menulis catatan di kelas, tetapi biasanya mendapat masalah saat ketahuan. Kali ini memberi izin kepada anak untuk menulis catatan, tetapi harus menjadi fakta bahwa mereka belajar di kelas dan meneruskannya kepada siswa lain. Dengan cara ini seluruh kelas mendapatkan fakta bahwa mereka mungkin tidak mengetahui tentang pelajaran tersebut. Kumpulkan catatan saat siswa meninggalkan kelas. Menulis Lembar Kerja

4. Permainan Kertas Toilet
Permainan ini adalah cara yang menyenangkan untuk mengulas apa yang dipelajari anak-anak di kelas. Karena mereka memahami cara permainan dimainkan dengan sangat cepat, Anda harus mengubahnya setiap kali Anda menggunakannya. Cara kerjanya adalah Anda memberi tahu siswa untuk mengambil 1 sampai 5 lembar kertas toilet dari gulungan, tetapi jangan beri tahu mereka aturan mainnya sampai semua orang melakukannya. Kemudian, gunakan jumlah kertas yang diambil setiap siswa untuk memberi Anda sejumlah fakta tentang pelajaran yang mereka pelajari pada hari itu. Misalnya, jika seorang siswa menarik salah satu gulungan, mereka harus memberikan satu fakta tentang pelajaran tersebut, dan seterusnya. Lain kali Anda mungkin akan memiliki banyak anak yang melakukan satu potong (karena mereka pikir mereka akan lepas dengan mudah), dan Anda perlu mengubah sedikit aturan untuk membuat mereka lengah.

5. Tiket Berangkat
Beri setiap siswa tiket. Mintalah setiap siswa untuk menuliskan fakta tentang pelajaran yang mereka pelajari di tiket mereka. Saat siswa pergi, mereka harus menunjukkan tiket mereka kepada Anda. Jika mereka tidak mencantumkan fakta yang benar, beri mereka kesempatan untuk menjawab pertanyaan ulasan yang telah Anda siapkan sebelum mereka meninggalkan kelas.

6. Membaca buku
Anda dapat membacakan sebagian buku di depan kelas selama 5 menit terakhir. Akhirnya Anda akan membaca seluruh buku.

7. Mainkan Hangman
Gunakan permainan ini agar anak-anak menebak kata-kata yang berkaitan dengan pelajaran yang mereka pelajari hari itu.

8. Lempar bola
Mintalah siswa duduk dalam lingkaran. Dengan menggunakan bola karet kecil, lemparkan ke siswa. Siswa yang menangkap bola harus memberi Anda fakta tentang pelajaran yang mereka pelajari, atau mengajukan pertanyaan tentang sesuatu yang tidak mereka pahami. Ketika siswa itu selesai dia melempar bola ke siswa lain, dan itu terus berulang sampai bel berbunyi.

9. Pictionary
Siswa menikmati kesempatan untuk menulis di papan tulis. Buat sekitar 3 sampai 5 kata yang berkaitan dengan pelajaran yang dipelajari anak-anak. Berilah seorang siswa kesempatan untuk menggambarkan kata itu di papan tulis. Ketika siswa lain menebak gambarnya, mereka akan muncul dan menggambar kata berikutnya.

10. Lembar kerja teka-teki
Seorang guru yang baik selalu memiliki seperangkat lembar teka-teki untuk diselesaikan siswanya bila ada waktu tersisa di kelas. Anda dapat memiliki pencarian kata, teka-teki silang, kriptogram, dan teka-teki gambar tersembunyi yang siap digunakan untuk pelajaran apa pun yang Anda ajarkan. Anda dapat melihat semua lembar kerja permainan kelas.

Post a Comment for "10 Hal yang Dapat Dilakukan Guru Saat Memiliki 5 Menit Sisa di Kelas"