Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Microsoft Sway sebagai Media Pembelajaran

A. Microsoft Sway

Sway merupakan salah satu program di Microssft 365 yang berbasis cloud. Sway merupakan terobosan baru dari Microsoft yang mulai dirilis pada tahun 2014. Sway merupakan aplikasi yang berbasis web, sehingga tidak ada software yang harus diinstal pada PC atau Laptop. Sway bisa dimanfaatkan secara gratis yang berguna untuk membantu mengumpulkan, memformat, dan berbagi ide, cerita, dan presentasi kita di layar interaktif berbasis web akan terlihat menarik.

Sway merupakan pengembangan teknologi pembelajaran secara online dengan sarana presentasi online. Dalam menggunakan Sway dibutuhkan akses internet yang memadai dan bisa diakses melalui komputer, laptop, ataupun smartphone. Aplikasi Sway adalah aplikasi di mana presentasi dibuat dan ditayangkan secara online. Keuntungannya, kita tidak perlu menginstal, tidak perlu takut data akan hilang karena laptop rusak karena datanya akan tersimpan pada server. Dengan demikian, materi pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Sway ini bisa dikategorikan sebagai materi e-learning. 

Sway dibuat secara online pada laman sway.com.  Hasil presentasi bisa dibagikan kepada penerima menggunakan link yang dibagikan. Di dalam laman sway.com, telah tersedia berbagai template desain yang dapat dipilih oleh pembuat. Untuk dapat menggunakan fitur dalam laman sway.com, pengguna perlu membuat akun terlebih dahulu dan harus menggunakan email dengan outlook.com. 

Dengan Sway bisa membuat presentasi baru dengan menambahkan teks, gambar, dokumen, video, bagan, atau tipe konten lain, dan Sway akan membuata terlihat menarik hanya dengan beberapa langkah mudah. Sway ini sangat cocok untuk  pelajar dan mahasiswa yang akan membuat laporan, resume, presentasi, serta guru untuk membuat materi pelajaran agar lebih menyenangkan. Sway hampir sama dengan power point; namun ada sedikit perbedaan yaitu fitur pendukungnya lebih banyak, pilihan desain lebih lengkap, dan tersedia template dalam berbagai model yang dapat digabungkan dengan versi online sehingga menghasilkan tampilan yang bervariasi. 


B. Kelebihan Microsoft Sway

Kelebihan Sway bila dibandingkan dengan aplikasi presentasi lainnya adalah: 

  1. Memiliki fitur desain yang sangat baik untuk mempermudah pengguna mengunggah berbagai konten seperti video dari YouTube, picts, tweet, dan isi multimedia lainnya.
  2. Dapat memilih konten seperti foto dan video yang di simpan di cloud karena Sway App terhubung dengan cloud App.
  3. Sway akan memformat ulang slide presentasi di saat presenter membukanya melalui smartphone, laptop, atau PC.
  4. Sway dilengkapi dengan aplikasi untuk mempermudah pengguna dalam dalam melakukan kolaborasi dengan pengguna lain dalam membuat proyek Sway. Selain itu, jika koneksi internet tidak stabil, pengguna masih bisa mengunduh dan menyimpannya sebagai file yang terintegrasi dengan Cloud App, sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehilangannya. Dengan menggunakan Sway App, guru mampu membuat materi pembelajaran dengan materi eye catching dan mudah diakses peserta didik atau orang tua di mana saja dan kapan saja. Selain itu, peserta didik bisa mendapatkan pengalaman baru dalam mengerjakan tugas sekolah, laporan kelas, dan portofolio individu.