Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggunaan Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran Interaktif

A. Zoom Cloud Meeting

Zoom Cloud Meeting adalah yang diluncurkan oleh  Zoom Video Communications yang memiliki kantor pusat di San Jose, California. Aplikasi ini menyediakan layanan konferensi atau meeting jarak jauh dengan menghubungkan pertemuan video, meeting online, obrolan, dan kolaborasi seluler. Dengan kata lain, Zoom merupakan aplikasi meeting online berkonsep Screen Sharing.

Zoom Cloud Meeting tidak hanya digunakan untuk pembelajaran saja tetapi bisa digunakan untuk urusan perkantoran maupun urusan lainnya. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis oleh siapapun dengan batas waktu empat puluh menit dan tidak ada batasan waktu jika akun kita berbayar. Dalam aplikasi Zoom Meeting ini kita bisa berkomunikasi langsung dengan siapapun lewat video. Oleh karena itu, memang cocok digunakan sebagai media pembelajaran. Pemanfaatan Zoom pada pembelajaran daring akan sangat membantu peserta didik dalam belajar karena guru dan peserta didik dapat berinteraksi walaupun ditempat yang berbeda.


B. Fitur Zoom Cloud Meeting

1. Video dan Audio HD

Dengan menggunakan aplikasi ini, gambar dan audio yang dihasilkan sangat bagus. Hal ini dikarenakan aplikasi Zoom telah didukung dengan kualitas video dan audio  High Definition atau disebut HD. 

2. Aplikasi Kolaborasi Bawaan

Aplikasi Zoom Cloud Meetigs juga mendukung Google Drive dan Dropbox untuk berbagi dokumen. Pengguna juga bisa mengundang partisipan untuk bergabung ke Video Conference lewat nomor HP dan Email.

3. Keamanan

Keamanan aplikasi Zoom Cloud Meetings telah didukung dengan end-to-end encryotion untuk seluruh rapat yang telah diagendakan. Zoom juga dilengkapi dengan perlindungan kata sandi hingga keamanan pengguna menjadi lebih aman.

4. Fitur Penjadwalan

Aplikasi ini memiliki fitur penjadwalan untuk melalui rapat. Pengguna fitur ini juga dapat memulai rapat melalui Outlook, Gmail, atau iCal milik penggunanya.

5. Host a Meeting (Pimpinan Rapat)

Zoom mengizinkan salah satu penggunanya dalam peserta Meeting untuk menjadi Host atau pimpinan rapat. Jika pengguna menjadi Host, pengguna bisa menyetel meeting ini dengan tiga model yaitu With Video Off atau tanpa Video, With Video On atau dengan menggunakan Video dan Screen Share Only atau menampilkan tampilan layar pada laptop atau Smartphone untuk presentasi

6. Join a Meeting (Bergabung ke Rapat)

Pengguna dapat bergabung bersama rekain lain yang sudah diundang dengn cara Copy Paste Meeting ID atau Personal Link dari Host.


C. Kelebihan Zoom Cloud Meeting

1. Suasana mirip di kelas, Hal ini dikarenakan kita bisa melihat secara langsung (live) wajah dari guru dan murid yang sedang hadir dalam meeting.

2. Kapasitas ruang besar, sebuah aplikasi pertemuan virtual tentu harus bisa menampung banyak partisipan dalam  sesi konferensi. Aplikasi Zoom Cloud Meeting diklaim dapat menampung hingga 1.000 partisipan serta 10.000 penonton dalam suatu grup atau ruang live video.

3. Tersedianya berbagai fitur menarik, pengguna bisa merekam dan menyimpan video selama meeting berlangsung, mengubah background sesuai dengan yang diinginkan, hingga menjadwalkan pertemuan online.

4. Kualitas video yang bagus. Zoom menghadirkan video yang jernih dan suara yang jelas, sehingga akan memudahkan komunikasi.

5. Mendukung  mempresentasikan file materi kepada partisipan lainnya, baik partisipan maupun pemateri bisa mencoret-coret presentasi tersebut sehingga akan lebih mempermudah pendalaman materi. 

6. Fitur on/off video, jika di dalam sebuah meeting pengguna tidak lagi membutuhkan wajah dan suaranya untuk ditampilkan, maka pengguna bisa mengatur untuk mematikan video dan audio, kelebihan ini tentu saja akan menjaga privasi pengguna tanpa menganggu jalannya sebuah rapat.

7. Akses Gratis dengan fitur yang memadai. Dengan menggunakan fasilitas yang gratis, Zoom memberikan berbagai fitur yang cukup untuk kegiatan belajar online kita