Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Meet sebagai Media Pembelajaran Daring

A. Google Meet

Google Meet adalah produk dari Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini adalah salah satu dari  aplikasi yang merupakan versi baru dari versi terdahulunya yaitu Google Hangouts dan Google Chat. Google meet adalah aplikasi video conference atau juga bisa disebut meeting online. Dalam aplikasi tersebut kita bisa bertatap muka secara langsung dan efektif. Penggunaan Google Meet mulai banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Sekolah dapat menggunakan Google Meet untuk rapat kelas online. Jika guru menggunakan Classroom, setiap kelas memiliki link khusus yang dapat digunakan oleh pengajar dan siswa untuk bergabung ke rapat kelas. Aplikasi ini mudah untuk dioperasikan dan sangat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran daring.

Penggunaannya bisa dibilang mudah karena dapat diaplikasikan melalui media apapun. Google Meet bisa digunakan melalui desktop atau PC yang biasanya terdapat di sekolah atau rumah. Selain itu juga bisa digunakan melalui mobile atau telepon seluler yang selalu dibawa kemana saja. Jadi penggunaannya bisa dibilang bersifat fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan untuk menggunakan aplikasi ini tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang. Sebab Google Meet digunakan secara gratis, tentunya dengan proses menggunakannya sangat mudah sehingga bisa lebih mudah untuk dimengerti.


B. Kelebihan Google Meet

  1. Adanya fitur White Board : Adanya fitur White board, kita bisa menulis dalam white board tersebut. Sekarang white board lebih sering digunakan dalam hal pendidikan pada saat guru menyampaikan materi. Kelebihan white board ini bisa digunakan untuk sarana penjelasan berupa gambar atau angka yang sulit dijelaskan dengan menggunakan lisan. Maka Google Meet memudahkan para penggunannya dengan itu.
  2. Tersedia Gratis : Sekarang Google Meet memberikan kebebasan untuk menginstall aplikasi ini. Sudah tersedia secara gratis dan bisa di unduh di Playstore atau app store bagi pengguna ios. 
  3. Tampilan video yang HD dan  ompute resolusi lain  Tampilan yang disedikan sudah HD (High Definition) dan juga bisa menyediakan resolusi yang terdapat pada smartphone. Sehingga tampilan menjadi lebih jernih.
  4. Mudah digunakan : Untuk bisa menggunakan Google Meet, teman-teman cukup memiliki akun Google untuk mendaftar ke aplikasinya, dan tidak membutuhkan tahap-tahap yang lainnya.
  5. Banyak pilihan Tampilan yang menarik : Dengan tampilan video conference yang dapat diatur sesuai keinginan kita, maka kita bisa menyesuaikan tata letak dan pilihan posisi yang pas dan baik.Tampilan yang menarik sangat dibutuhkan, karena dengan tampilan antar muka yang bagus setiap pengguna Google Meet akan betah dan nyaman.
  6. Dapat mengundang hingga 100 peserta : Untuk bisa mengundang peserta hingga 100 bisa berlangganan dengan G suite yang lebih lengkap dan. Denggunakan Google Meet yang versi free hanya dibatasi 25 orang/lebih, jika berlangganan Google Suite maka bertambah menjadi 100 atau sampai 250 pengguna. Fitur tersebut terbatas untuk pengguna Google Meet yang free. Tatapi untuk yang sudah mendaftar ke produk Google Suite. Semua bisa menjadi lebih banyak dan mudah pastinya.