Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembelajaran Menggunakan Webex

A. Webex

Webex merupakan aplikasi online yang dikembangkan oleh Cisco yang membuat para pengguna saling berkolaborasi lewat gambar, video, dan suara dari mana pun secara lebih mudah. Webex mengkombinasikan komunikasi lewat telepon dengan tampilan di layar Komputer. 

Dalam menggunakan Webex, tidak ada perangkat keras yang harus dibeli, maupun perangkat lunak yang harus diunduh. Dengan aplikasi ini, bisa mengurangi biaya operasional dan membuat pekerjaan lebih efisien. Pada saat melakukan video conference, admin menggunakan 2 cara untuk mengundang para peserta, cara yang pertama yaitu dengan memberikan Number Meeting + Password dan cara yang kedua yaitu dengan cara mengirimkan Link room webex.

Melalui Cisco Webex Meeting memungkinkan guru dan siswa bisa tetap terhubung satu sama lain walaupun mereka sedang tidak berada di kelas belajar yang sesungguhnya. Guru dapat melakukan pertemuan bersama siswa, guru lainnya maupun mitra belajar semudah menggunakan telepon.

Metode pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Cisco Webex Meeting merupakan metode mengajar yang dapat digunakan agar siswa menjadi lebih aktif pada saat proses belajar mengajar berlangsung, karena metode ini menuntut siswa untuk selalu aktif dan kreatif dalam belajar. Metode ini adalah metode mengajar dengan menggunakan aplikasi yang dihubungkan dengan koneksi internet. Dengan metode ini kita siswa dapat saling berinteraksi tanpa bertatap muka secara langsung. Melalui aplikasi ini kita juga dapat melihat dan saling berkomunikasi secara langsung.


B. Kelebihan Webex

Webex ini sangat baik digunakan untuk melihat dan mengikuti secara langsung pembelajaran dari jarak jauh yang bisa dilakukan oleh guru dan siswa dari tempat yang berbeda dimanapun, mereka bisa berdiskusi secara online dan bertatap muka langsung. 

Kelebihan penggunaan Webex sebagaimana dikutip dari adalah :

  1. Bisa saling terhubung melalui video. Simulasi pertemuan tatap muka antar pengguna/ peserta didik dengan instruktur yang berbeda lokasi dengan fitur multi-point video
  2. Berbagi komputer meja, dokumen, dan aplikasi. Memudahkan pengguna/peserta didik untuk mengendalikan komputer meja atau desktop pengguna lain dan juga sebaliknya. Mengkolaborasikan isi data, mengaturnya di layar  omputer tanpa harus mengunggah isi data terlebih dahulu
  3. Memiliki fitur multimedia, memudahkan presentasi melalui fitur-fitur Microsoft PowerPoint, flash™ animation, audio, serta video
  4. Audio dan Voip yang terintegrasi. Pengguna dapat memilih toll (pulsa) atau toll-free (bebas pulsa)untuk interaksi audio, ataupun menggunakan Voice over.


Post a Comment for "Pembelajaran Menggunakan Webex"