Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memanfaatkan VideoScribe Sparkol sebagai Media Pembelajaran

A. VideoScribe Sparkol

Sekarag perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Selain alat-alat teknologi yang dihasilkan, akan tetapi sudah banyak juga aplikasi-aplikasi yang diluncurkan, salah satunya ialah Software Sparkol Videoscribe. Aplikasi ini dikembangkan pada tahun 2012 oleh Sparkol, perusahaan yang  berasal di Inggris.  Pada tahun 2013 software ini sudah memiliki pengguna sebanyak 100.000 orang lebih, setelah setahun software ini diluncurkan.

VideoScribe adalah software yang dapat dimanfaatkan untuk membuat desain animasi dengan tangan bergerak menulis atau menggambar sesuatu yang ada di papan tulis putih, layaknya seperti seseorang menjelaskan secara langsung pada papan tulis, sehingga biasanya dikenal dengan nama lain yaitu “Whiteboard Animation for Dreating Hand Draw”.  Videoscribe dibuat menggunakan sebuah aplikasi Sparkol VideoScribe yang berfungsi membuat video dengan simulasi tangan yang sedang menggambarkan animasi.

Sparkol videoscribe dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sebagai sebuah media pembelajaran video animasi yang tersusun dari  rangkaian  gambar  yang  disusun  menjadi  sebuah  video  utuh.  Dengan  karakteristik  yang unik, sparkol  videoscribe dapat  menyajikan  materi  pembelajaran  dengan  cara memadukan gambar,   suara   dan   desain yang   menarik   sehingga   siswa   mampu   menikmati   proses pembelajaran yang disampaikan. Fitur yang disediakan oleh aplikasi ini begitu beragam sehingga mampu menjadi media  pembelajaran  yang  dapat  disesuaikan  dengan  mata pelajaran  yang  diinginkan.  Guru dapat menggunakan desain yang sudah terdapat pada aplikasi, selain itu guru dapat membuat desain animasi, grafis, maupun gambar yang sesuai dengan kebutuhan kemudian diimport ke dalam aplikas tersebut.


B. Ciri-Ciri VideoScribe Sparkol

  1. Memiliki animasi tangan menulis
  2. Memiliki gambar – gambar animasi yang digunakan sebagai objek
  3. Berlatar belakang papan tulis putih
  4. Mudah digunakan untuk pemula


C. Manfaat VideoScribe Sparkol 

Guru dapat menggunakan VideoScribe Sparkol dalam pembelajaran. Berikut ini beberapa manfaat VideoScribe Sparkol dalam pembelajaran:

  1. Menjelaskan atau mengilustrasikan materi pembelajaran yang kompleks atau abstrak dalam pembelajaran
  2. Mampu menyajikan pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan.
  3. Membuat latihan dan tugas menajdi lebih menarik.
  4. Alat presentasi guru dan siswa dalam berdemonstrasi pengetahuannya di kelas.
  5. Media untuk menunjang pembelajaran jarak jauh.  


D. Kelebihan VideoScribe Sparkol

Media pembelajaran dengan memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan media ini yaitu: 

  1. Media ditampilkan dengan bentuk digital dalam efek animasi menarik, singkat dan jelas. 
  2. Dapat menggabungkan beberapa unsur media seperti teks, audio, maupun gambar dalam satu media.
  3. Mudah digunakan karena dapat dijalankan dengan software pemutar video apapun yang ada pada perangkat komputer.
  4. Mampu memusatkan perhatian siswa pada saat kegiatan belajar mengajar sehingga pesan dapat tersampaikan dengan lebih efektif.
  5. Mudah disebarluaskan kepada siapa saja karena dibuat dalam bentuk file yang mudah di gandakan serta dapat dibagikan ke media social seperti facebook dan youtube. 
  6. Bisa diputar kapan saja dan diputar ulang sesuai kebutuhan.


Post a Comment for "Memanfaatkan VideoScribe Sparkol sebagai Media Pembelajaran"