Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Media Pembelajaran Powtoon

A. Powtoon

Powtoon pertama kali diluncurkan tahun 2012 dan semakin berkembang di tahun 2013 sampai dengan sekarang. Powtoon merupakan aplikasi terhubung internet atau web apps online dapat yang diakses secara online melalui situs www.powtoon.com. Powtoon berguna untuk membuat video animasi presentasi dengan mudah dan cepat. Tampilannya berupa video yang berisi berbagai animasi-animasi yang dapat menarik perhatian siswa. Powtoon juga menyediakan fasilitas soundtrack musik secara gratis, dapat merekam narasi. Video yang dibuat dapat menggunakan template yang sudah ada atau dapat berkreasi dengan menggunakan tampilan kerja (workspace) yang masih kosong. Aplikasi ini dapat diakses  oleh siapapun termasuk guru maupun siswa. 

Cara pembuatan video animasi dengan menggunakan Powtoon terbilang cukup mudah karena fitur yang tersedia cukup lengkap seperti animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan timeline yang sangat mudah. Hampir semua fitur dapat diakses dalam satu layar dan dapat digunakan dalam proses pembuatan sebuah presentasi. Hal inilah yang membuat aplikasi Powtoon menjadi semakin sering digunakan dalam dunia pendidikan. 

Proses penerapan media powtoon tidak jauh beda dengan media Power Point  untuk mempresentasikan suatu bahan ajar, tetapi Powtoon lebih menyenangkan dan menarik karena banyak pilihan animasi dan dalam bentuk video. Penggunaan video animasi Powtoon sebagai media pembelajaran membuat penyampaian materi pembelajaran menjadi lebih menarik. Powtoon mampu memberikan animasi yang menarik dan latar belakang suara yang menarik dapat memberikan stimulus terhadap kegiatan belajar mengajar sehingga siswa dapat memahami dan mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan antusias. Keunggulan pembelajaran dengan menggunakan animasi adalah dapat menghilangkan kejenuhan dalam pembelajaran, membangkitkan semangat belajar, dan tentunya animasi dapat menarik perhatian siswa agar tetap fokus dalam proses belajar. 


B. Manfaat Powtoon 

Manfaat media pembelajaran Powtoon (video player) sebagai berikut:

  1. Media Powtoon dapat memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan).
  2. Media Powtoon dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, seperti misalnya: Objek yang terlalu besar, bisa digantikan dengan realita, film, bingkai, dan gambar.
  3. Media powtoon dapat mengatasi gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat. Kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, film bingkai, foto maupun secara verbal. Objek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram dan konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim, dan lain-lain) dapat divisualkan dalam bentuk film, film bingkai, gambar, dan lain-lain.
  4. Media powtoon dapat mengatasi penggunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi yang dapat mengatasi sikap pasif anak seperti: kegairahan belajar, memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara peserta didik dengan lingkungan dan kenyataan.


C. Kelebihan Powtoon

  1. Mudah dalam pembuatan.
  2. Powtoon memiliki pilihan berbagai pilihan animasi yang menarik.
  3. Hasil video yang dibuat mengginaka powtoon dapat mencakup dua aspek indera pengeihatan dan pendengaran (pebagai media).
  4. Powtoon dapat diputar ulang apabila filenya dibagikan kepada siswa
  5. Interaktif dan memberikan umpan balik.
  6. Powtoon bisa digunakan dimanapun dan kapanpun secara mandiri.
  7. Video disajikan tidak terlalu lama sehingga tidak mengurangi tingkat motivasi siswa.
  8. Materi disajikan secara interaktif dengan bahasa yang singkat dan mudah dipahami oleh siswa.
  9. Aplikasi yang digunakan dalam penyusunan multmedia interaktif powtoon sangat menarik sehingga produk yang dihasilkan juga memiliki kualitas gambar, animasi, video, suara, dan musik yang lebih menarik.


Post a Comment for "Media Pembelajaran Powtoon"