Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemanfaatan Google Sites sebagai Website Pembelajaran

A. Google Site

Google Sites adalah salah satu produk dari google yang digunakan untuk membuat situs. Pengguna dapat memanfaatkan Google Sites karena pembutannya mudah dipelajari dan dikelola oleh pengguna awam. Seringkali pengguna berhenti di tengah jalan dalam membuat atau mengelola sebuah situs karena tantangan kerumitan dalam pembuatan serta  pengelolaannya. Google memberikan kebutuhan tersebut dengan meluncurkan Google Sites yang tidak memerlukan bahasa program tingkat tinggi yang rumit. 

Google Sites merupakan cara termudah dalam membuat informasi yang bisa diakses oleh orang yang membutuhkan secara cepat, dan orang-orang dapat bekerja sama dalam situs untuk menambahkan berkas file lampiran serta informasi dari aplikasi google lainnya seperti google docs, sheet, forms, calender, awesome table dan lain sebagainya.

Guru dapat menyiapakan website yang dibuat menggunakan google sites untuk memudahkan proses pembelajaran. Penyampaian pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dengan dukungan fitir-fitur yang ditawarkan oleh Google Sites. Google Sites dapat berfungsi sebagai sarana guru dan siswa dalam berbagi pengetahuan dan informasi dalam bentuk yang menarik. Google Sites juga bisa dijadikan sarana bagi guru untuk mengomunikasikan progres pembelajaran dan dokumentasi siswa kepada orang tua. Orang tua dapat mengunjungi Google Sites yang dibuat guru secara berkala untuk mengetahui informasi pembelajaran anaknya, ini merupakan bentuk kerja sama guru dan orang tua dalam mencapai tujuan pembelajaran bersama.


B. Manfaat Google Site dalam Pembelajaran

Pembelajaran menggunakan google sites memberikan manfaat bagi guru ataupun siswa, manfaat dari pemanfaatan google sites ini adalah:

  1. Pembelajaran lebih menarik Penggunaan google sites dalam pembelajaran akan lebih lengkap dan menarik karena dapat memanfaatkan fitur-fitur di dalam google sites. Seperti; google docs, sheet, forms, calender, awesome table dan lain sebagainya.
  2. Lebih mudah mendapatkan materi pembelajaran. Dengan adanya google sites maka materi pembelajaran akan diunggah ke dalam google sites sehingga siswa langsung bisa mengkases materi yang diberikan guru.  Guru dan siswa juga tidak perlu menggunakan flashdisk yang bisa menyebabkan banyaknya virus yang masuk ke dalam komputer.
  3. Materi pembelajaran tidak mudah hilang. Materi yang telah diunggah ke dalam google sites akan tetap berada di google sites dan tidak akan terpengaruh dengan gangguan virus atau yang lainnya. Selain itu, tidak membebani kapastitas penyimpanan computer.
  4. Siswa dapat mendapatkan informasi pembelajaran dengan cepat. Penggunaan google sites membuat siswa ataupun gutu dapat mendapatkan informasi mengenai pembelajaran dengan cepat dengan menggunakan informasi yang diunggah oleh guru.
  5. Dapat menyimpan silabus di google sites. Silabus pembelajaran dapat diunggah oleh guru ke dalam google sites, siswa mengetahui  materi dan tema pembelajaran pada setiap pertemuan selanjutnya.
  6. Tugas melalui google sites. Tugas pembelajaran bisa diberikan oleh guru melalui google sites, sehingga peserta didik tidak tertinggal informasi dan tugas-tugasnya. Tugas sekolah dapat diberikan dan dikumpulkan melalui google sites.


C. Kelebihan Google Sites

  1. Google Sites disimpan pada domain Google.com, sehingga mesin pencai akan mudah mengindeks halaman-halaman web yang telah kita pasang.
  2. Google Sites dapat di akses menggunakan banyak gadget yang disediakan oleh Google maupun luar Google.
  3. Google Sites menyediakan banyak informasi yang kita butuhkan. Selain itu, dukungan dan bantuan yang tersedia cukup banyak.
  4. Fungsi-fungsi yang ada seperti Analytics, Webmaster Tools, dan Adsense dapat digunakan dengan mudah. Kita hanya perlu meng-copy paste kode yang sudah disediakan.
  5. Tidak ada dukungan script dan iframe pada Google Sites, dengan demikian web yang telah kita buat lebih aman dari script-script script-script yang berbahaya.
  6. Google Sites memberikan layanan gratis
  7. Gratis penyimpanan online 100 MB
  8. Pembuatannya mudah.