Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wujud Benda dan Sifatnya - Materi IPA Kelas 5

A. Wujud Benda dan Sifatnya


Berdasarkan wujudnya, benda dikelompokkan menjadi tiga macam: 
1. Padat
Benda padat merupakan benda yang paling banyak ditemukan di sekitar kita. Contohnya pensil, meja, kursi, almari, buku, dan lain-lain. 
Sifat-sifat benda padat sebagai berikut.
a. Bentuk dan volumenya tetap.
b. Bentuk dapat diubah dengan cara-cara tertentu, misalnya dipanaskan, diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan fisik seperti menggunting, menekan, melipat, atau menyobek.

2. Cair
Contoh benda cair adalah air, minyak tanah, bensin, kecap, dan minyak goreng. 
Sifat- sifat benda cair sebagai berikut.
a. Bentuknya berubah-ubah sesuai dengan wadahnya. Misalnya, jika air dituang ke botol, bentuk air seperti botol. Jika air dimasukkan ke dalam gelas, bentuk air seperti gelas.
b. Mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah. Misalnya, air hujan yang jatuh dari atas genting mengalir jatuh ke tanah, kemudian masuk ke selokan dan akhirnya ke sungai. Air tidak hanya berhenti di sungai, tetapi terus mencari tempat yang lebih rendah sehingga sampailah ke laut. 
c. Meresap melalui celah-celah kecil.
Benda cair dapat merambat melalui serat-serat halus dari bahan seperti bahan kain.
d. Benda cair mengisi rongga kecil atau pori-pori bahan tersebut. Menempati ruangan.
e. Permukaan benda cair yang tenang selalu datar.
f. Benda cair dapat menekan ke segala arah.

3. Gas
Benda yang tidak dapat kita lihat, tetapi dapat kita rasakan itu disebut benda gas. Meskipun udara tidak dapat kita lihat, keberadaannya dapat kita rasakan. Hal ini terbukti saat kita berada di dekat balon yang terbuka. Kita dapat merasakan embusan udara keluar dari mulut balon. Sifat-sifat benda gas sebagai berikut.
a. Bentuk dan volume benda gas selalu berubah. 
b. Selalu mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya dan menekan ke segala arah.

B. Perubahan Wujud Benda

Suatu benda dapat berubah wujudnya. Perubahan wujud benda disebabkan oleh lingkungan yang berubah, misalnya suhu lingkungan yang menjadi panas atau dingin. 
Berikut beberapa perubahan wujud benda terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
1. Membeku, yaitu perubahan wujud benda dari benda cair menjadi benda padat. Perubahan ini terjadi karena suhu di lingkungan menjadi dingin. Contohnya air yang membeku menjadi es batu.
2. Mencair, yaitu perubahan wujud benda dari benda padat menjadi benda cair. Contohnya es batu yang mencair menjadi air.
3. Menguap, yaitu perubahan wujud benda dari benda cair menjadi benda gas. Contohnya air yang dipanaskan akan menguap menjadi uap air. 
4. Mengembun, yaitu perubahan wujud benda dari benda gas menjadi benda cair. Pada waktu gas mengembun, gas melepaskan kalor karena terjadi penurunan suhu di sekitarnya. Contohnya butiran air embun yang menempel pada dedaunan. 
5. Menyublim, yaitu perubahan wujud benda dari benda padat menjadi benda gas. Contohnya kamper atau kapur barus yang diletakkan di lemari pakaian lama-kelamaan akan habis. 
6. Mengkristal, yaitu perubahan wujud benda dari gas menjadi benda padat. Contohnya uap iodium akan mengkristal menjadi padatan jika didinginkan pada suhu tertentu.

Posting Komentar untuk "Wujud Benda dan Sifatnya - Materi IPA Kelas 5"

close