Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siklus Air - Materi IPA Kelas 5

A. Pengertian Siklus Air

Air senantiasa tersedia di bumi karena air selalu mengalami daur atau siklus air. 
Siklus air merupakan perputaran air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke permukaan bumi.


B. Manfaat Siklus Air

Siklus air memiliki banyak manfaat, antara lain mengatur suhu sekitar, menyesuaikan perubahan cuaca, menciptakan hujan, dan menciptakan keseimbangan di biosfer bumi. 

C. Tahapan Siklus Air

Siklus air memiliki beberapa tahapan, yaitu proses evaporasi (penguapan), kondensasi (pengembunan), dan presipitasi (hujan).
1. Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. 

2. Uap air dari permukaan bumi naik menuju atmosfer. Karena suhu di atmosfer sangat dingin, uap air mengembun menjadi titik-titik air. Kumpulan titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

3. Titik-titik air di awan selanjutnya jatuh ke permukaan bumi dalam bentuk hujan. Peristiwa jatuhnya air dari atmosfer menuju ke permukaan bumi dinamakan presipitasi.

4. Air hujan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Air hujan ada yang meresap ke dalam tanah dan menjadi sumber mata air, ada pula yang di rawa-rawa, waduk, danau, dan laut. Selanjutnya, air akan mengalami siklus lagi. Siklus air akan terus berulang. Dengan demikian, persediaan air di bumi tidak akan pernah habis.


Tahapan siklus air yang bermanfaat bagi makhluk hidup adalah hujan. Hujan jatuh di daratan dan di lautan. Di daratan, air hujan dapat langsung mengalir ke sungai atau danau dan ada juga yang diserap oleh tanah. Proses penyerapan air ke dalam tanah dinamakan infiltrasi. 

Sungai merupakan sumber air yang banyak dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Sungai dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai aktivitas, seperti olahraga, sarana transportasi, mengairi tanaman pertanian, dan lain sebagainya, Hewan darat memanfaatkan air sungai sebagai sumber air minum. Tumbuhan darat memanfaatkan air sebagai sumber air untuk proses fotosintesis, Hewan dan tumbuhan sungai memanfaatkan air sungai sebagai tempat hidup.

Posting Komentar untuk "Siklus Air - Materi IPA Kelas 5"