Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi - Materi IPA Kelas 5

A. Pengertian Materi

Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. 


B. Komponen Penyusunan Materi

Materi dapat berupa benda padat, cair, dan gas. Berdasarkan komponen penyusunannya, materi dibedakan atas zat tunggal dan campuran. 
1. Zat tunggal
Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.
a. Unsur
Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain melalui reaksi kimia, Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. Contoh unsur logam adalah perak, besi, emas, dan platina. Adapun contoh unsur nonlogam adalah hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.

b. Senyawa
Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur atau zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua zat atau lebih melalui reaksi kimia. Misalnya, air (H2O) dapat diuraikan menjad hidrogen dan oksigen. 

2. Zat campuran 
Zat campuran adalah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan heterogen.
a. Zat Campuran Homogen
Zat campuran homogen adalah campuran yang terdiri atas dua materi atau zat yang dapat menyatu secara merata. Misalnya sebagai berikut.
1) Campuran air dan garam. Garam tidak menyisakan endapan dan air tampak bening.
2) Air sirop (campuran gula, sari buah, dan air). Setelah dicampur menjadi air sirop, ketiga zat tersebut tidak dapat dipisah-pisah lagi. Artinya, ketiga zat telah tercampur sempurna. 
3) Teh manis, merupakan perpaduan antara air, gula, dan teh. Ketiga materi akan tercampur merata atau sempurna. Materi tersebut tidak memisah.

b. Zat Campuran Heterogen
Zat campuran heterogen adalah campuran yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak dapat menyatu secara sempurna. Misalnya sebagai berikut.
1) Air dengan pasir. Pasir yang dicampur akan mengendap pada bagian dasar wadah.
2) Air kopi bubuk, merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal, yaitu air mineral, gula, dan serbuk kopi. Setelah dicampur menjadi air kopi, antara air dan kopi masih bisa dipisahkan. Bubuk kopi yang sudah tercampur air memisahkan diri di dasar gelas. Artinya, zat-zat penyusun air kopi tidak tercampur secara sempurna.
3) Campuran air dan minyak. Air dan minyak tidak dapat menyatu, letak minyak berada di atas lapisan air.

C. Ciri-Ciri Campuran

Suatu benda dikatakan campuran jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 
1. Campuran tersusun dari dua atau lebih unsur atau senyawa.
2. Campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya. 
3. Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
4. Sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya.

Posting Komentar untuk "Materi - Materi IPA Kelas 5"