Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Guru untuk Membuat Pekerjaan Rumah (PR) kepada Siswa

Anda menghabiskan banyak waktu mempersiapkan tugas pekerjaan rumah untuk siswa Anda yang melengkapi pelajaran yang diajarkan kepada mereka. Ketika siswa tidak meluangkan waktu untuk menyelesaikan tugas pekerjaan rumah, itu dapat menyebabkan frustrasi di pihak Anda. Gunakan panduan ini sebagai cara untuk membantu Anda membuat sistem pekerjaan rumah yang dapat Anda terapkan dengan segera. Ini akan membantu siswa Anda menjadi lebih bertanggung jawab atas pekerjaan mereka, dan membantu Anda mengatur dan mengelola pekerjaan rumah mereka untuk manfaat yang optimal.
1. Biarkan Siswa Mengetahui Harapan Anda
Dalam semua keadilan, Anda harus memberi tahu siswa Anda apa yang Anda harapkan dari mereka dalam hal menyelesaikan dan menyerahkan tugas pekerjaan rumah. Jika siswa tidak menerima arahan dari Anda, mereka tidak akan menempatkan pekerjaan rumah pada daftar prioritas mereka, dan sering kali gagal menyelesaikan tugas. Mereka perlu tahu bahwa ada konsekuensi jika tidak menyerahkan tugas pekerjaan rumah, seperti nilai yang lebih rendah, hilangnya hak istimewa di kelas, dll. Tekankan pentingnya pekerjaan rumah dan mengapa itu diberikan. Pertimbangkan untuk mengirim pulang catatan kepada orang tua di awal tahun yang menjelaskan ekspektasi Anda untuk pekerjaan rumah juga. Ini akan meningkatkan peluang siswa untuk menganggap serius tugas mereka.

2. Berikan Tugas Pekerjaan Rumah Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran
Agar siswa dapat mengerjakan tugas pekerjaan rumahnya dengan serius, mereka perlu melihat relevansi tugas tersebut dengan apa yang telah mereka pelajari. Jika Anda memberi mereka tugas tentang sesuatu yang tidak Anda ajarkan di kelas, mereka akan merasa Anda telah memperlakukan mereka dengan tidak adil. Di sisi lain, jika tugas pekerjaan rumah mereka diarahkan untuk membantu mereka memperkuat sesuatu yang telah mereka pelajari, mereka akan menghargai tugas tersebut. Jika Anda menggunakan tugas pekerjaan rumah sebagai sarana untuk mempersiapkan mereka untuk kelas keesokan harinya, jangan membuatnya terlalu sulit. Ini harus menjadi pengantar yang lembut untuk pelajaran berikutnya.

3. Berikan Tugas Pekerjaan Rumah yang Menantang Siswa
Pertimbangkan untuk menggunakan tugas pekerjaan rumah agar siswa berpikir kreatif. Beri mereka cara untuk memperkuat konsep dan menggabungkan konsep ini dengan mata pelajaran lain. Ini adalah alat yang hebat untuk digunakan guru ketika mereka ingin melihat seberapa baik siswa mereka memahami pelajaran di kelas. Dan, faktanya adalah bahwa beberapa siswa di kelas mungkin membutuhkan tantangan ekstra tersebut agar mereka tetap tertarik dengan pelajaran mereka di kelas.

4. Variasikan Tugas Pekerjaan Rumah Anda
Buatlah pekerjaan rumah Anda menarik dan bervariasi. Memberi siswa garis besar dan pertanyaan yang sama akan membuat mereka bosan. Campurkan gaya belajar dan pendekatan mata pelajaran. Dengan cara ini, Anda terikat untuk memberikan tugas yang mungkin disukai siswa.

5. Hindari Tugas Rumah yang Panjang
Siswa berada di sekolah selama berjam-jam. Sementara tugas pekerjaan rumah adalah kesempatan untuk membantu mereka memperkuat konsep, seharusnya mereka tidak terlalu melewatkan seluruh acara malam karena mereka harus menyelesaikan pekerjaan rumah mereka. Berikut adalah pedoman umum untuk memberikan pekerjaan rumah:
Kelas 1 - 3: 20 menit sehari
Kelas 4 - 6: Hingga 40 menit sehari
Ada baiknya juga di sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas, untuk mencoba dan mengoordinasikan pekerjaan rumah dengan guru lain, sehingga salah satu guru tidak membagikan seluruh jatah pekerjaan rumah, sehingga menghambat anak dengan terlalu banyak pekerjaan di rumah.

6. Penghargaan dan Motivasi Siswa
Memuji siswa untuk pekerjaan yang baik pada pekerjaan rumah mereka akan menguntungkan Anda. Itu mendorong mereka untuk menyelesaikan tugas karena mereka tahu Anda menghargai kerja keras mereka. Anda mungkin juga ingin menawarkan insentif, seperti hadiah kecil, untuk seluruh kelas ketika semua orang menyelesaikan pekerjaan rumah mereka dalam minggu tertentu. Ini memberi seluruh kelas rasa persatuan untuk bekerja menuju tujuan.

Post a Comment for "Panduan Guru untuk Membuat Pekerjaan Rumah (PR) kepada Siswa"