Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Zat Tunggal dan Campuran - Materi IPA Kelas 5

Zat Tunggal dan Campuran

Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi, baik benda padat, cair, dan gas. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Artinya, benda-benda tersebut dapat diukur dan bisa ditimbang massanya. 


Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.

A. Zat Tunggal

Zat tunggal adalah materi yang hanya tersusun dari satu jenis zat. Contoh benda yang termasuk zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.

B. Zat campuran

Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.
1. Campuran Homogen 
Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, teh manis, sirop, udara, perunggu, kuningan. Teh manis merupakan perpaduan/campuran tiga materi, yaitu air, teh, dan gula putih. Perpaduan antara air, gula, dan teh pada gelas tampak tercampur merata atau sempurna. Materi (air, teh, dan gula putih) tidak memisah. Berdasarkan ciri teh manis tersebut, maka teh manis termasuk zat campuran homogen.

2. Campuran Heterogen
Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan. Contoh: campuran air dengan kopi, campuran air dengan minyak, air dengan tepung, air dengan pasir, dan sebagainya. 

Suatu benda dikatakan campuran jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Campuran tersusun dari dua atau lebih unsur atau senyawa.
Campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya. Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
Sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya.

Posting Komentar untuk "Zat Tunggal dan Campuran - Materi IPA Kelas 5"