Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerhana Bulan dan Matahari - Materi IPA Kelas 6

A. Gerhana 


Bumi dan Bulan adalah benda langit yang tidak memiliki cahaya sendiri. Jika Bulan atau Bumi terkena cahaya Matahari, maka pada bagian belakang Bulan atau Bumi akan terbentuk bayangan. Karena ukuran Matahari jauh lebih besar daripada ukuran Bulan atau Bumi, maka terbentuk dua macam bayangan yang berbentuk kerucut, yaitu umbra dan penumbra. 
1) Umbra atau bayangan inti adalah bayangan di bagian tengah yang sangat gelap.
2) Penumbra atau bayangan semu adalah bayangan samar-samar di sekeliling umbra. 

B. Macam-Macam Gerhana

Ada dua macam gerhana, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari.

1. Gerhana Bulan


Gerhana bulan hanya mungkin terjadi pada malam hari ketika bulan purnama. Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan bulan, bumi, dan matahari membentuk garis lurus. Kedudukan bumi berada di antara Bulan dan Matahari.
Saat gerhana Bulan, cahaya Matahari yang seharusnya diterims Bulan terhalang Bumi sehingga Bulan berada dalam bayang-bayang Bumi Bayang-bayang Bumi ada dua macam, yaitu umbra dan penumbra

Ada dua macam gerhana bulan:
a. Gerhana Bulan total (sempurna), ketika posisi Bulan berada pada umbra bumi sehingga bulan tertutup penuh oleh bayangan bumi. Gerhana Bulan total berlangsung selama +1 jam 40 menit.

b. Gerhana Bulan sebagian (parsial), ketika hanya setengah bagian Bulan masuk ke dalam umbra bumi. Bulan bergerak dan masuk ke daerah penumbra bumi..

2. Gerhana Matahari


Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika Bulan baru atau Bulan mat. Gerhana Matahari terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garls lurus, kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Gerhana Matahari terjadi karena sinar matahari pada siang hari terhalang oleh Bulan sehingga keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap. Jika terjadi gerhana Matahari, maka bayangan Bulan akan mengenai bumi. Oleh karena bulan lebih kecil daripada Bumi, maka hanya sebagian tempat saja yang mengalami gerhana Matahari.

Ada tiga jenis gerhana Matahari, yaitu:
a. Gerhana Matahari total: hanya terjadi di permukan Bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana Matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana Matahari sebagian. 

b. Gerhana Matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra Bulan.

c. Gerhana Matahari cincin: terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal itu terjadi karena bulan berada pada titik terjauhnya dari bumi.

Posting Komentar untuk "Gerhana Bulan dan Matahari - Materi IPA Kelas 6"