Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Poster - Materi Bahasa Indonesia Kelas 6

Poster adalah plakat yang dipasang di tempat-tempat umum. Poster umumnya berisi gambar, pesan atau informasi tentang suatu topik bagi para pembacanya. 

Apabila informasi atau gambar pada poster mudah dipahami oleh pembaca, maka poster tersebut dapat dikatakan baik dan informatif. 

Poster biasanya ditempelkan di tempat-tempat umum yang strategis, seperti rumah sakit, puskesmas, sekolah, kantor, atau pusat-pusat perbelanjaan.

Beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster adalah sebagai berikut.

1. Judul

Judul poster harus singkat, padat, dan jelas. Judul poster juga harus mencakup keseluruhan isi poster. Selain itu, perhatikan juga ukuran huruf yang digunakan dalam membuat poster. Judul poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 2 meter. Contoh judul poster yang dapat dibuat adalah “Menjaga Lingkungan Hidup".

2. Informasi (isi)

Isi poster berisi penjelasan tentang judul poster. Isi poster sebaiknya dibuat dalam bentuk poin-poin sehingga lebih efektif dan efsien. Ukuran huruf yang digunakan dalam isi poster yang baik adalah dapat terbaca dari jarak sekitar 1 meter. Contoh isi poster yang dapat dibuat berdasarkan judul di atas yaitu pengertian lingkungan hidup, manfaat lingkungan hidup, dan cara menjaga lingkungan hidup.

3. Gambar

Gambar membuat poster menjadi lebih menarik. Selain itu, gambar juga memperjelas isi poster. Gambar yang dicantumkan dalam poster hendaknya sesuai dengan judul poster. 

Hal tersebut bertujuan agar gambar poster sesuai dan dapat memperjelas isi poster.

4. Sumber (daftar pustaka)

Informasi dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat berasal dari berbagai sumber, misalnya buku atau internet. Pada bagian sumber (daftar pustaka), cantumkanlah sumber-sumber pustaka dari isi dan gambar yang digunakan dalam poster. 

Contoh penulisan daftar pustaka dari buku dengan satu orang penulis sebagai berikut.

Nama penulis ditulis nama belakangnya terlebih dahulu, lalu diikuti tanda koma dan nama depan penulis. Judul buku ditulis miring (italic). 

Post a Comment for "Poster - Materi Bahasa Indonesia Kelas 6"