Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modernisasi: Pengertian dan Dampaknya - Materi IPS Kelas 6 SD

A. Pengertian Modernisasi

Kita mungkin sudah sering mendengar kata modern untuk menjelaskan sesuatu yang bukan bersifat tradisi, tetapi bersifat masa kini. Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang maju. Faktor utama penyebab modernisasi adalah berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masyarakat.
Modernisasi yang membentuk masyarakat modern tentu akan mengubah cara pikir dan cara hidup masyarakatnya. Para ahli menyebutkan beberapa ciri masyarakat modern. Masyarakat modern memiliki sikap hidup untuk menerima hal-hal yang baru dan terbuka untuk perubahan. Mereka memiliki keberanian untuk menyatakan pendapatnya tentang lingkungannya sendiri. Mereka juga sangat menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi ke masa depan daripada masa lalu. Selain itu, masyarakat modern juga memandang perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang matang. Rasa percaya diri yang tinggi, percaya ilmu pengetahuan dan teknologi, dan menghargai orang lain melalui prestasinya dalam masyarakat juga ciri masyarakat modern.
Perubahan masyarakat menjadi masyarakat modern tidak terjadi begitu saja. Perubahan pada umumnya terjadi karena adanya peningkatan jenis kebutuhan manusia yang semakin beragam. Oleh karena itu, mereka memerlukan cara-cara baru untuk memenuhinya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menjadi pendorong kuat terjadinya perubahan masyarakat. Kemudahan-kemudahan yang tercipta karena adanya penggunaan teknologi, membuat masyarakat menyesuaikannya dengan cepat juga.

Ciri-Ciri Modernisasi

Modernisasi merupakan proses yang sangat luas dan kompleks. Tidak hanya mencakup bidang teknologi saja, modernisasi juga mencakup bidang lain, seperti politik, ekonomi, dan sosial. Adapun ciri-ciri modernisasi, adalah: 
1. Munculnya sikap individualisme.
2. Munculnya pengelompokan dalam hal tenaga kerja.
3. Berkembangnya pemikiran yang rasional.
4. Kegiatan ekonomi lebih banyak difokuskan pada proses produksi, distribusi, dan konsumsi.

B. Dampak Positif dan Negatif Modernisasi

Dampak Positif

Dampak positif modernisasi adalah sebagai berikut:
1. Adanya transfer teknologi dari negara maju kepada negara berkembang sehingga berdampak pada kemajuan pembangunan. 
2. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. 
3. Adanya modernisasi membuat cara berpikir masyarakat berubah, semula irasional menjadi rasional. 
4. Tingkat kehidupan menjadi lebih baik karena berkembangnya proses industrialisasi.
5.Komunikasi jarak jauh menjadi mudah dan cepat.
6. Informasi cepat dan bisa dijangkau siapa saja.
7. Distribusi barang jadi cepat dan bisa ke mana saja.

Dampak Negatif

Dampak negatif modernisasi adalah sebagai berikut:
1. Budaya dalam negeri perlahan tergeser oleh budaya luar negeri karena kemudahan masyarakat untuk mengakses budaya luar negeri tanpa adanya filter sama sekali. 
2. Munculnya budaya hedonisme dan masyarakat konsumtif. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa tujuan hidup yang paling utama adalah kesenangan dan kenikmatan. Bagi penganut budaya ini, mereka menjalani hidup sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas. 
3. Sikap individualisme lebih mendominasi. Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitas. Padahal manusia diciptakan sebagai makhluk sosial.
4. Terjadi kesenjangan, masyarakat yang belum paham teknologi akan tertinggal. Masyarakat yang sudah paham dan mampu memanfaatkan teknologi akan semakin maju. Sedangkan masyarakat yang belum mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan akan semakin tertinggal.
5. Bisa menciptakan konflik di masyarakat.
6. Masuknya pengaruh asing yang tidak sesuai dengan norma masyarakat Indonesia. Pengaruh asing tersebut banyak juga yang kurang sesuai dengan norma mayarakat di Indonesia, sehingga dapat dengan mudah menimbulkan gesekan dalam kehidupan sosial masyarakat.
7. Pencemaran lingkungan. Adanya pencemaran lingkungan akibat kegiatan industri. Air, tanah, dan udara yang tercemar jelas akan membahayakan kehidupan masyarakatnya.
8. Pengangguran akibat manusia digantikan tenaga mesin. Industrialisasi dengan menggunakan peralatan canggih pengganti tenaga manusia juga berdampak pada masyrakat. Dampak yang sangat nyata adalah meningkatnya pengangguran. Hal ini disebabkan karena lapangan pekerjaan bagi mereka semakin sedikit. Meningkatnya pengangguran dapat menyebabkan tindak kekerasan dan kriminalitas di dalam masyarakat.

Sumber:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Tematik Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Post a Comment for "Modernisasi: Pengertian dan Dampaknya - Materi IPS Kelas 6 SD"