Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips untuk Mengajar Keterampilan Membaca Dasar

Membaca merupakan keterampilan penting untuk dipelajari semua siswa. Ini pada dasarnya adalah dasar dari hampir semua pembelajaran, dan persyaratan dasar untuk maju dalam hidup. Namun, bagi siswa yang baru mulai mengeksplorasi membaca, ini bisa menjadi proses yang menakutkan. Dengan membangun dasar membaca yang kuat, guru akan dapat membantu siswa untuk berhasil di dalam dan di luar kelas. Berikut ini 10 tips untuk mengajar keterampilan membaca dasar:
1. Ajarkan apresiasi kata-kata
Berbagi cerita adalah cara termudah untuk membuat siswa tertarik membaca. Apakah itu keajaiban cerita fiksi atau fakta baru yang menarik, membaca membuka jendela informasi.

2. Ciptakan kesadaran bahasa.
Sebelum siswa dapat mulai membaca, mereka harus memahami cara kerja buku. Tunjukkan pada mereka cara memegang buku yang benar, bagaimana cerita dibacakan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah, dan gunakan buku dengan cetakan besar agar anak terbiasa melihat kata-kata. Anda juga dapat menggunakan lembar kerja atau melabeli objek di sekitar kelas dan rumah.

3. Bahan penyusun ABC.
ABC adalah bagian penting dari belajar membaca. Bantulah anak-anak mengenali huruf dan bunyi yang mereka buat melalui metode kreatif. Gunakan lembar kerja yang dapat dicetak yang menggabungkan huruf dengan kata-kata yang dimulai dengan huruf itu, seperti A untuk apel, ayam dan ayah. Ajari mereka bagaimana huruf dapat digunakan untuk membentuk nama dan kata sederhana mereka.

4. Jelaskan fonologi.
Saat kita bercakap-cakap, kita lebih memperhatikan arti kata-katanya daripada bunyinya. Namun, untuk belajar membaca, kita harus memahami bunyinya. Jelaskan bagaimana kalimat terdiri dari kata-kata, dan bagaimana urutan kata itu penting. Misalnya, kalimat "Kucing makan tikus" tidak memiliki arti yang sama jika "kucing" dan "tikus" dibalik. Mintalah siswa menentukan suku kata dan mendengarkan kata-kata berima.

5. Tanamkan kesadaran fonemik.
Kesadaran fonemik adalah gagasan bahwa kata-kata terdiri dari urutan suara. Fokus pada bagaimana kata-kata diucapkan, dengan fokus pada suara konstan, serta suara vokal panjang dan pendek. Mintalah mereka membunyikan kata-kata yang berbeda di lembar kerja guru dan mengidentifikasi suara yang berbeda dengan kata-kata sederhana.

6. Bagikan hubungan antara suara dan huruf.
Setelah siswa menyadari bahwa kata terbuat dari bunyi, Anda dapat memperkenalkan bagaimana setiap huruf menghasilkan bunyi atau bunyi yang berbeda. Mulailah dengan huruf yang umum digunakan seperti M atau T, yang lebih berbeda untuk diucapkan.

7. Suarakan kata-kata.
Sewaktu siswa mengetahui bahwa huruf yang berbeda menghasilkan bunyi yang berbeda, mereka dapat mulai melafalkan kata-kata kecil yang sudah dikenal. Mulailah dari bagian kiri kata, pengucapan setiap huruf dan secara bertahap gabungkan keduanya hingga mereka dapat mengenali kata tersebut.

8. Ajarkan ejaan yang benar.
Sewaktu siswa mulai mengenali bahwa kata-kata terdiri dari huruf dan huruf mewakili suara, Anda dapat mulai mengajarkan ejaan. Mulailah dengan kata-kata sederhana dengan aturam ejaan standar, kata-kata yang tidak memiliki campuran konsonan, dan kata-kata yang menggunakan bunyi paling umum dari huruf tersebut.

9. Dorong membaca yang benar.
Mintalah siswa membaca atau membaca ulang cerita favorit di kelas. Ajukan pertanyaan tentang buku yang telah mereka baca. Bantu mereka menggunakan petunjuk konteks kalimat untuk mengeluarkan kata dan mencari tahu artinya.

10. Baca setiap hari.
Dengan mendorong anak untuk sering membaca, mereka akan mengembangkan kecintaannya pada buku. Dapatkan kartu perpustakaan, dan ajarkan anak-anak cara memeriksa buku. Bantu mereka menemukan buku dengan topik yang mereka minati. Seperti keterampilan lainnya, semakin banyak siswa membaca, semakin baik jadinya.

Post a Comment for "10 Tips untuk Mengajar Keterampilan Membaca Dasar"