Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tangga Nada Diatonis Mayor dan Minor - Materi SBdP Kelas 6

A. Tangga Nada Diatonis Mayor
Dalam seni musik ada jenis tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis terdiri atas delapan nada. Tangga nada diatonis dibagi lagi dalam dua jenis tangga nada, yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor. Tangga nada diatonis mayor memiliki interval (jarak nada) 1 1 ½ 1 1 1 ½. 
Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis mayor berikut!

Jika digambar, berikut tangga nada diatonis mayor.

Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor adalah sebagai berikut.
1. Bersifat riang gembira.
2. Bersemangat.
3. Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).

B. Tangga Nada Diatonis Minor
Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 ½ 1 1 ½ 1 1. Terdapat beberapa macam tangga nada diatonis minor, salah satunya adalah tangga nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah. Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis minor berikut!

Berikut gambar tangga nada diatonis minor.

Ciri-ciri tangga nada diatonis minor adalah sebagai berikut.
1. Lagu bersifat sedih.
2. Lagu kurang bersemangat.
3. Melodi lagu biasanya diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun, tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).

Secara umum, lagu bertangga nada diatonis minor bersifat sedih dan kurang bersemangat. Namun, ada pula lagu bertangga nada minor yang gembira dan bersemangat, misalnya lagu "Ayam Den Lapeh" dan "Bungong Jeumpa".

Post a Comment for "Tangga Nada Diatonis Mayor dan Minor - Materi SBdP Kelas 6"