Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar Efektif di Rumah pada Masa Pandemi

Sepanjang masa pandemi Covid-19, Pembelajaran dilakukan melalui pendidikan jarak jauh (PJJ) atau tanpa tatap muka secara langsung yang biasa disebut pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 yang sudah menyebar ke segala penjuru dunia. Sepanjang lebih dari 1 tahun lamanya, siswa melakukan pembelajaran daring melalui rumah masing-masing. Sepanjang kurun waktu tersebut, banyak siswa yang mengeluh sebab tidak dapat belajar dengan efiktif. Terdapat kendala yang menjadikan proses belajar mereka tidak optimal serta efektif. Mencari metode belajar yang efisien dilakukan dikala pandemi dapat mengoptimalkan kegiatan belajar siswa. Berikut metode belajar efekitf yang dapat dicoba sepanjang belajar di rumah:

1. Menyiapkan Ruangan untuk Belajar

Mengutip dari situs resmi Washington University, sangat pentingi buat memisahkan ruang belajar dengan ruang santai. Diupayakan ruang belajar dengan kamar tidur terpisah. Perihal ini dapat meminimalisir rasa malas sebab ingin rebahan di tempat tidur. Apabila ini dilakukan tentu hasilnya, belajar akan dapat lebih efisien sebab sedikit kendala atau gangguan. Memisah ruang belajar juga dapat mengoptimalkan istirahat. Pada saat rehat siswa tidak terbayang-bayang tumpukan buku serta tugas di meja belajar.
Ruangan khusus untuk belajar tidak harus menyiapkan atau membangun ruangan baru di rumah. Ruangan bisa memanfaatkan ruangan yang jarang dimasuki oleh orang-orang. Kita dapat saja mengenakan bagian atau sudut rumah yang masih kosong. Perihal ini bertujuan agar ketika belajar secara daring, kita memperoleh suasana yang kondusif serta tidak terganggu oleh orang- orang yang kemudian lewat. Suasana yang lebih tenang membuat siswa bisa fokus buat melaksanakan pembelajaran. Ada hal lagi yang perlu diperhatikan dalam memilih ruangan yaitu mengenai kebersihan ruangan. Hendaknya ruangan yang akan digunakan dibersihkan terlebih dulu supaya nyaman dikala belajar.

2. Menentukan Jadwal Belajar di Rumah

Cara belajar yang efektif dilakukan di rumah adalah siswa wajib memastikan waktu ataupun membuat jadwal yang seperti ketika belajar di sekolah. Tidak harus sama persis dengan jadwal sekolah, bisa disesuaikan dengan kondisi siswa. Misalnya dengan mempraktikkan waktu belajar jam 07. 30 hingga jam 11.30. Kemudian, sepanjang 4 jam belajar itu, ditentukan lagi berapa lama durasi belajar buat mata pelajaran yang berbeda serta jangan kurang ingat waktu istirahat. Contoh:
07. 30 – 09.30: Tematik
09. 30 – 10.00: Istirahat
10.00 – 11. 30: Bahasa Inggris
Dengan memastikan waktu semacam ini, agenda belajar siswa bisa lebih terfokus serta tidak ketinggalan materi pelajaran. Namun, jika sekolah telah menetapkan jadwal pelajaran ketika di rumah yang harus dipatuhi oleh siswa, maka sebaiknya siswa mengikuti jadwal tersebut.
Siswa sebaiknya melakukan rutinitas seperti ketika sekolah secara tatap muka ataupun luring. Bangun pagi, mandi, kemudian jangan kurang ingat makan pagi. Cara ini dapat mengoptimalkan belajar supaya lebih efisien. Secara tidak langsung otak serta badan hendak menyangka pendidikan daring semacam tatap muka.

3. Fokus Belajar

Selama belajar di rumah membuat siswa lebih fleksibel serta santai. Kamu dapat mengerjakan banyak perihal dalam satu waktu. Namun hendaknya jauhi multitasking bila mau belajar lebih efisien serta efektif. Pikiran terpecah konsentrasinya sehingga membuat siswa tidak bisa fokus. Imbasnya, materi pelajaran tidak dapat diterima dengan baik. Salah satu tantangan terbesar dalam pembelajaran daring adalah banyaknya kendala yang dapat mengalihkan fokus dalam belajar. Kendala tersebut antara suara ataupun kendala koneksi yang bisa saja tidak dapat kita atasi.
Selama kegiatan belajar di rumah sebaiknya menjauhi gangguan-gangguan lain semacam media sosial serta permainan. Meski godaan buat bermain game, sosial media atau lainnya di rumah lebih besar, siswa hendaknya mengingat kalau ini merupakan waktu sekolah. Siswa dapat bermain ataupun membuka media sosial pada dikala waktu luang. Jadi, siswa wajib dapat mengendalikan prioritasmu serta mengingat kalau fokus sangatlah berarti, paling utama ketidak sedang melaksanakan pembelajaran daring.

4. Tetap Memperhatikan Kondisi Kesehatan

Untuk belajar lebih baik dan efektif, harus tetap memperhatikan kesehatan . Jangan lupa peregangan pada saat jeda pembelajaran online. Cara ini dapat membantu otak beristirahat selama proses pembelajaran. Perhatikan konsumsi makanan dan istirahat apabila lelah. Bagi sebagian orang, belajar online untuk waktu yang lama sebenarnya bisa membuat tubuh lebih cepat lelah. Ini alami, terutama pada mata yang terlalu lama untuk melihat layar. Jadi, tidak perlu memaksakan diri ketika lelah. Selain itu, pastikan memiliki waktu tidur yang cukup untuk otak menjadi lebih segar.
Kegiatan belajar di rumah memang membuat beberapa siswa lebih rileks dan santai. Mungkin banyak siswa tidur lebih malam. Namun, terlalu sering begadang juga dapat mengganggu metabolisme tubuh. Sebaiknya, kurangi begadang sehingga fungsi tubuh tetap optimal dan proses pembelajaran tetap nyaman meskipun dari rumah

5. Tetap Bersosialisasi

Pada masa pandemi Covid-19 ini di mana hampir semua siswa diharuskan untuk belajar dari rumah rumah sehingga kadang-kadang menciptakan kebosanannya sendiri. Semakin jarang bersosialisasi dengan teman tentu bisa menyebabkan stres. Oleh karena itu, otak kita juga membutuhkan penyegaran sehingga pembelajaran bisa lebih efektif. Sosialisasi dan komunikasi dalam masa pandemi Covid-19 tentu sangat terbatas, tetapi dengan kecanggihan teknologi siswa masih dapat bersosialisasi tanpa harus bertemu secara langsung. Siswa dapat berkomunikasi melalui pesan pendek atau panggilan video. Intinya, sosialisasi dan komunikasi akan menciptakan motivasi positif sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara efektif. Jika terpaksa bertemu langsung atau secara tatap muka, selalu terapkan protokol kesehatan yaitu 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

Post a Comment for "Tips Belajar Efektif di Rumah pada Masa Pandemi"